10 Aplikasi Hotspot Terbaik di PC 2021

Internet sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat dunia dewasa ini. Apalagi semenjak terjadi pandemik, semakin meningkatkan penetrasi penggunaan internet baik indonesia maupun dunia.

Semenjak pandemik, sebagian besar karyawan diharuskan bekerja di rumah alias WFH. Tanpa internet, tentu kalian tidak bisa bekerja. Mungkin dulu sebelum pandemik jika ingin internetan gratis, kalian bisa mampir ke cafe hanya untuk numpang internetan.

Karena tidak memungkinkan untuk keluar rumah, mau tidak mau kalian harus internetan dirumah sendiri untuk bisa WFH.

Kalian tidak punya WiFi? tapi pengen terhubung ke internet di berbagai device seperti PC dan Android dengan bermodalkan kuota?

Tenang saja meskipun tidak punya WiFi, kalian bisa menggunakan aplikasi hotspot. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, bekerja dari rumah bukanlah kendala lagi.

10 Aplikasi Hotspot

Dengan menggunakan aplikasi hotspot ini, kalian bisa mengkoneksikan berbagai device sekaligus dalam satu waktu. Karena PC dan HP Android terhubung ke internet, tentu aktivitas WFH kalian akan semakin lancar.

Beberapa aplikasi ini mungkin sudah familiar di benak kalian, diantaranya ada Shield, Connectify, Baidu, dan Mhotspot. Penasaran apa saja fitur yang terkandung di masing-masing aplikasi tersebut? silahkan simak ulasan berikut ini:

1. Connectify

software hotspot di pc

Aplikasi pertama yang dapat kalian gunakan untuk tethering hotspot adalah Connectify. Untuk dapat menggunakan aplikasi PC ini, kalian memerlukan sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Sayangnya untuk pengguna Mac OS, Linux, iPhone dan Android tidak tersedia. Tapi jangan berkecil hati, meskipun hanya bisa digunakan di sistem operasi besutan Microsoft, kalian akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Fitur pertama dari aplikasi ini adalah user friendly. Artinya tampilan UI sangat mudah dikenali dan dipakai sehingga orang awam sekalipun bisa mengoperasikannya. Cukup dengan menekan satu tombol kalian sudah bisa mengaktifkan hotspot.

Bukan hanya tampilan user interface yang mudah digunakan, kalian juga akan terhindar dari berbagai iklan. Pasalnya dalam sistem aplikasi hotspot ini telah terpasang Ads Blocking.

Developer Connectify Inc.
Size 11 MB
Download Connectify Hotspot

2. Virtual Router

software hotspot android

Masih sama seperti sebelumnya, yakni aplikasi yang hanya bisa dipakai di sistem operasi Windows. Namun meskipun cuman tersedia di PC atau laptop, itu sudah lebih dari cukup untuk tethering hotspot ke berbagai perangkat.

Virtual Router merupakan proyek open source dari Microsoft yang dapat kalian undug secara gratis. Berbicara open source berarti kode sumbernya bisa kalian ambil dan kembangkan lagi jika bisa.

Karena buatan perusahaan besar, maka dari segi keamanan tentu sudah tidak diragukan lagi. Apalagi di aplikasi ini tidak ada iklan, semakin tambah aman.

Sangat disayangkan, tertanggal 1 Juli 2021 aplikasi Virtual Router besutan Microsoft ini akan dimatikan. Meskipun dimatikan kalian masih bisa download aplikasi tersebut di website Github.

Developer Microsoft.
Size 12 MB
Download Virtual Router

3. MaryFi

software hotspot tercepat

Apabila dibandingkan dengan aplikasi hotspot pada daftar ini, bisa dibilang MaryFi salah satu yang ringan. Dengan tampilan sederhana dan berukuran tidak lebih dari 2.5 MB, kalian bisa gunakan dengan lancar tanpa lag.

Bukan cuman ke iritan yang ditawarkan, tapi tanpa ikan dan tentunya dapat kalian unduh secara cuma-cuma, alias gratis. Tidak habis sampai sana, bahkan aplikasi ini support berbagai bahasa, seperti Arabic, Russian dan Spanish.

Karena menggunakan berbagai bahasa, tentu target marketnya bukan hanya masyarakat yang mengerti bahasa inggris tapi orang-orang lokal. Versi terbaru yang telah dirilis sejak artikel ini dibuat adalah MaryFi 1.1.

Developer MarySoft
Size 2.2 MB
Download MaryFi

4. Baidu WiFi Hotspot

software hotspot baidu

Berbicara dari ketenaran, maka aplikasi Baidu adalah jawaranya. Perusahaan besar asal tirai bambu ini sudah memproduksi banyak aplikasi. Nah salah satu aplikasi yang dihasilkannya adalah Baidu WiFi Hotspot.

User interface yang ditawarkan pada aplikasi ini membuat kita betah dan nyaman. Bukan hanya dari tampilan yang membuat kalian terkesan akan aplikasi tersebut, tapi berbagai fitur menarik lainnya juga patut di acungkan jempol.

Misalnya, kalian bisa mendeteksi WiFi adapter secara otomatis, dan ada juga fitur blacklist perangkat. Blacklist merupakan fitur unggulan yang dapat digunakan apabila ada device yang tidak kalian ketahui dan mencoba menerobos ke jaringan.

Developer Baidu Inc
Size 5.2 MB
Download Baidu WiFi Hotspot

5. mHotspot

software hotspot mhotspot

Selanjutnya kita akan bahas aplikasi mHotspot. Dengan membawa tagline sharing is so simple, maka aplikasinya sama seperti jargon tersebut. Tinggal pencet beberapa tombol, kalian bisa langsung menggunakannya.

Aplikasi mHotspot dapat terhubung ke 10 perangkat yang berbeda-beda. Dengan banyaknya perangkat yang terhubung tentu, WFH kalian akan semakin lancar tanpa hambatan yang berarti.

Untuk mengganti nama SSID dari hotspot bisa unlimited, artinya kalian bisa mengubah nama sepuasnya tanpa terhalang limit. Bahkan keamananya juga sudah terjamin karena memakai enkripsi WPA2.

Developer mHotspot Inc
Size 5.2 MB
Download mHotspot

6. MyPublicWiFi

software hotspot my public wifi

Dengan menggunakan aplikasi MyPublicWiFi, kalian bisa mengaktifkan hotspot serta menyebarkannya ke berbagai perangkat. Meskipun hanya bisa dioperasikan dengan keluarga Windows tapi kalian bisa menghubungkannya ke Android maupun iOS.

Menariknya lagi dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa menyebarkan internet yang terlindungi VPN. Dengan memakai VPN tentu IP address kalian disamarkan. Sehingga PC atau ponsel Android akan aman dari pelacakan.

Selain VPN masih ada lagi fitur bagus lainnya yakni Firewall, Adblocker, dan QR Code.

Developer TrueSoftware
Size 3.8 MB
Download MyPublicWiFi

7. HostedNetworkStarter

software hotspot shield

Perusahaan Nirsoft merupakan dalang di balik terciptanya aplikasi hotspot yang satu ini. Jika ingin menggunakan HostedNetworkStarter kalian memerlukan sistem operasi Windows 7 versi 32-bit.

Semenjak artikel ini dibuat, versi dari aplikasi HostedNetworkStarter adalah version 1.15. Dari versi tersebut, aplikasi ini membawa beberapa improvement diantaranya adalah pengaturan yang bisa dilakukan via command line.

Sama seperti aplikasi MaryFi, HostedNetworkStarter juga tersedia berbagai bahasa populer dunia. Diantara bahasa-bahasa tersebut adalah Arabic, Dutch, Brazil, French, German, Italian, Japanese dan masih banyak lagi.

Developer NirSoft
Size 350 KB
Download HostedNetworkStarter

8.   OSToto Hotspot

software hotspot nirsoft

Dengan membawa jargon “make your time more valuable”, kalian akan dimudahkan apabila menggunakan aplikasi OSToto. Artinya sistem pengoperasian dari hotspot ini mudah dijalankan sehingga tidak membuat pusing pengguna.

Kalian bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di website resmi OSToto. Jika kalian mendownloadnya, maka akan menerima keunggulan seperti melihat siapa saja jaringan yang terhubung.

Selain bisa melihat jaringan siapa saja yang terhubung ke hotspot, kalian bisa langsung memblokir akses yang tidak dikenal tersebut.

Developer NirSoft
Size 10 MB
Download HostedNetworkStarter

9. Sevengate

software hotspot sevengate

Sama seperti Virtual Router, Sevengate juga merupakan proyek open source dari perusahaan multinasional Microsoft.

Jika kalian mencari aplikasi hotspot yang ringan serta cepat, mempunyai tampilan bersih dan keamanan tinggi maka Sevengate adalah jawabnya. Tapi untuk menjalankan aplikasi ini kalian perlu menggunakan OS Windows 7.

Selain menggunakan Windows 7, kalian masih bisa menggunakan Windows lain tapi akan ada beberapa bug. Oleh karena itu penulis sarankan gunakan Windows 7 32-bit atau 64-bit.

Noted: Tertanggal 1 Juli 2021, proyek ini bakalan diberhentikan, namun kalian masih bisa mendownloadnya melalui situs Github.

Developer Microsoft
Size 4.5 MB
Download Sevengate

10. Antamedia

software hotspot antarmedia

Terakhir, penulis akan memberikan daftar aplikasi hotspot yang dapat kalian gunakan untuk menyalakan tethering, yakni Antamedia. Dengan menggunakan aplikasi tersebut di PC kalian bisa mengkoneksikan berbagai perangkat.

Perangkat yang terhubung bisa berupa ponsel Android maupun iOS. Tapi sayangnya untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kalian diharuskan untuk membelinya terlebih dulu.

Jika ingin mencoba dan merasakan pengalaman dari aplikasi ini, kalian bisa memanfaatkan fitur trial yang diberikan oleh Antamedia. Selama proses free trial, kalian tidak memerlukan kartu kredit untuk dapat mengaksesnya.

Developer Antamedia
Size 20 MB
Download Hotspot Software

Kesimpulan

Sekian daftar aplikasi hotspot yang dapat penulis bagikan. Masing-masing dari daftar tersebut mempunya kelebihan dan kekurangannya. Namun satu yang bisa dipastikan dari kesemuanya adalah aplikasi tersebut dapat terhubung ke Android maupun iOS.

Untuk bisa menyalakan hotspot dari aplikasi ini, kalian perlu mengoperasikannya di PC atau dengan sistem operasi Windows. Mulai dari Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10.

Leave a Comment