6 Cara Cek IMEI Pada IPhone Dengan Mudah, Praktis dan Cepat

Siapa sih yang nggak pengen punya smartphone sultan? iPhone merupakan smartphone yang dipasarkan oleh Apple Inc dengan sistem operasi telepon iOS.

iOS sendiri sekarang merupakan salah satu sistem operasi telepon yang banyak digunakan selain Android. Dengan kata lain, pengguna iPhone semakin banyak dari waktu ke waktu.

Sampai saat ini iPhone sudah meluncurkan keluaran terbarunya iPhone 12 Pro. Fitur-fitur yang disuguhkan iPhone pun beneran bikin para penggemarnya ingin untuk selalu upgrade smartphonenya.

Bagaimana tidak? Sekarang iPhone sampai sudah menyediakan fitur unggulan Magsafe dimana kamu bisa melakukan charging secara wireless seperti Samsung Galaxy S21.

tutorial cek imei iphone dan samsung

Ya meskipun sekarang hp wireless charging sudah banyak di pasaran. Tapi fitur ini hanya dimiliki oleh hp kalangan atas. Baru satu fitur unggulan saja sudah sangat terlihat eksklusif bukan?

Belum lagi ditambah fitur kamera pro dan kemampuan 5G makin memikat para pecinta iPhone. Banyaknya orang yang menginginkan smartphone ini, muncul banyak oknum yang membuat replika iPhone.

Secara fisik, mungkin tampilannya nyaris sama. Bagaimana cara memastikan kalau iPhone kamu asli? Salah satunya dengan cek IMEI nya.

IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity yaitu kode unik berupa 15 digit angka yang dimiliki oleh tiap transceiver perangkat telepon seluler. Nah lebih lengkapnya kita ulas dalam artikel di bawah ini:

Fungsi Nomor IMEI Pada iPhone

tutorial cek keaslian imei iphone

Secara umum IMEI digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang mencoba tersambung dengan jaringan tersebut.

Jadi, IMEI ini dapat digunakan untuk memblokir telepon seluler yang dicuri atau hilang agar tidak tersambung dengan jaringan GSM.

Bahkan akhir-akhir ini ada wacana pemerintah akan memblokir hp Black Market (BM) lewat IMEI. Sudah tau belum? Secara khusus fungsi IMEI pada iPhone adalah untuk:

1. Mengetahui Spesifikasi Lengkap Mengenai iPhone

Dari nomor IMEI-nya kamu bisa mengetahui informasi lengkap iPhone yang akan kamu beli. Spesifikasi yang dimaksud seperti keaslian lalu informasi umum mengenai iPhone kamu.

Agar kamu lebih yakin kamu bisa cross check ke situs resmi Apple.

Artikel Menarik : Cara Daftar Listrik Gratis

2. Mengecek Masa Garansi iPhone

Ketika kamu memasukkan nomor IMEI secara online di web IMEI Info kamu akan mendapatkan info serial number.

Nah melalui serial number kamu bisa mengecek garansi dari situs dukungan resmi Apple Care Coverage. Di web ini kamu akan mendapatkan informasi mengenai garansi iPhone-mu.

3. Mengetahui Nomor Model iPhone dan Negara Asalnya

Dengan nomor IMEI kamu bisa melacak informasi pasaran iPhone-mu dengan lebih spesifik. Apakah iPhone-mu dirilis untuk pasaran Jepang, Singapura atau yang berhubungan dengan hal itu.

4. Melaporkan iPhone Yang Hilang

Proses penguncian iPhone bisa kamu lakukan dengan mengakses situs IMEI Info. Misalnya iPhone kamu hilang dan banyak data penting, minimal kamu bisa menyelamatkan data tersebut.

Penguncian dilakukan agar data tidak bisa diakses sama sekali oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu data kamu tidak akan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Kamu Wajib Baca : Contoh ID Card dan Cara Membuatnya

Cara Cek IMEI iPhone

Selama ini kebanyakan orang hanya tahu bahwa Nomor IMEI penting, kali ini sudah paham kan fungsinya.

Ternyata memang penting banget dan mungkin ada waktu-waktu tertentu kamu akan sangat membutuhkan informasi dengan bantuan Nomor IMEI.

1. Cek IMEI iPhone di Kotak Perangkat

tutorial cek imei iphone di web

Saat kamu membeli iPhone tentu kamu akan mendapatkannya lengkap dengan dus boxnya. Di bagian belakang biasanya tertera beberapa nomor. Diantaranya nomor SN, SKU, dan IMEI.

Cara mengeceknya yaitu dengan mencocokkan nomor IMEI di box dan di perangkat kamu. Jika nomornya beda, bisa jadi iPhone kamu nggak asli.

2. Cara Cek IMEI iPhone di Sistem Pengaturan Perangkat

tutorial cek imei iphone secara online

Untuk mencocokkan dengan nomor IMEI yang tertera di dus box kamu membutuhkan info IMEI dari perangkat kamu. Caranya kamu harus masuk ke Menu Setting > General > About.

Dengan begitu kamu akan menemukan informasi detail tentang iPhone kamu lengkap dengan nomor IMEI-nya.

3. Cek IMEI di Bagian Belakang Perangkat

tutorial cek imei iphone ori

Selain di dus box dan pengaturan iPhone kamu, kamu bisa mengecek IMEI di bagian belakang fisik hpmu. Cara ini bisa dilakukan pada iPhone seri 5 ke atas ya.

Lebih mudah kan? Hanya perlu membalik hpmu lalu temukan pada casingnya.

4. Cek IMEI di Slot SIM Card

langkah cek imei iphone dan samsung

Kalau kamu masih penasaran untuk memastikan IMEI iPhone mu, kamu bisa cek IMEI pada bagian slot SIM Cardnya. Pada rangka slot SIM Card bagian atas tepatnya.

Tulisan angka-angka kecil ini adalah nomor iPhone hp mu. Akan tetapi tidak semua iPhone menuliskan IMEI pada slot SIM Cardnya ya. Hanya pada tipe-tipe tertentu saja.

5. Cara Mudah Cek IMEI iPhone dengan Kode Dial

langkah cek keaslian imei iphone

Cara cek IMEI pada iPhone juga bisa kamu coba lakukan dengan kode dial. Caranya masuk ke menu telepon lalu masukkan kode #06#. Lalu dial.

Secara otomatis perangkat akan menunjukkan detail nomor IMEI perangkat yang kamu pakai. Sangat mudah kan?

6. Melalui iTunes

langkah cek imei iphone di web

iTunes atau lebih familiar dengan iPhone music adalah software resmi dari Apple Inc yang juga bisa digunakan untuk mengecek IMEI pada iPhone.

  • Caranya cukup dengan sambungkan iPhone pada komputer yang terinstall iTunes.
  • Klik Library pada iTunes maka secara otomatis data iPhone kamu akan ditampilkan pada layar komputer.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Membuat Soal di Google Form

Cara Menggunakan Nomor IMEI untuk Mengecek Keaslian Perangkat

cara cek imei iphone di web

Seperti yang sudah kita singgung di awal tadi, nomor IMEI ini salah satunya digunakan untuk memastikan apakah iPhone kamu ori atau tidak.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli iPhone pastikan kamu tidak lupa ya untuk mengecek nomor IMEInya. Hal ini akan menghindarkan kamu dari tindak penipuan.

Untuk membedakan mana iPhone asli atau tidak benar-benar memerlukan ketelitian dan kehati-hatian.

Secara fisik mungkin terlihat sama, tapi kita harus jeli saat membeli. Jangan sampai karena tergiur potongan harga lalu kamu mengesampingkan checking keaslian ini.

Jika kamu sudah menyimak cara cek IMEI pada iPhone di atas, cara untuk mengecek keaslian iPhone kamu dengan IMEI adalah menyamakan data IMEI dari berbagai cara yang sudah kita bahas di atas.

  • Pertama kamu bisa cek IMEI yang ada di dus boxnya dulu, kedua coba cek IMEI pada casingnya lalu cocokkan, selanjutnya ketiga cek IMEI pada sistem operasi iPhone-mu.
  • Setelah ketiganya sama, terakhir kita cross check melalui website IMEI Kemenperin. Coba masukkan nomor IMEI dan apakah nomor tersebut valid dan menampilkan data iPhone-mu atau tidak.

cara cek keaslian imei iphone

  • Jika iya dipastikan iPhone-mu asli. Jika ternyata saat kamu memasukkan IMEI dan keluar data perangkat yang bukan iPhone-mu maka perangkat kamu tidak asli atau palsu.

Sebenarnya mudah kan untuk mengeceknya?

Itu tadi hanya salah satu cara untuk mengecek keaslian iPhone-mu. Jika kamu merasa masih perlu memastikan lebih lanjut, kamu bisa gunakan cara lain lagi.

Tips Membeli iPhone yang Asli

tutorial cek imei iphone dan samsung

Setelah mengetahui pentingnya nomor IMEI untuk iPhone-mu, kamu pasti akan sangat waspada kan untuk membeli iPhone baik baru maupun second kan?

Nah kali ini penulis akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin membeli iPhone agar terhindar dari penipuan dan semakin mantap untuk membeli iPhone.

  • Beli iPhone di toko resmi yang bekerjasama dengan Apple seperti iBox, selain iPhone kamu akan lebih terjamin keasliannya, kamu juga bisa menanyakan garansinya.
  • Usahakan membeli secara offline agar kamu gampang saat ingin cek fisik iPhone-mu. Dan jangan tergiur dengan promo besar-besaran dengan harga tidak wajar.
  • Cek dus box iPhone kamu apakah masih tersegel dengan baik atau tidak.
  • Cek kondisi dan kelengkapan iPhone milikmu. Ceklah dengan detail semua fungsi iPhone yang akan kamu beli. Seperti touchscreen, volume, dan tombol-tombol lain. Jangan lupa juga coba akses App Storenya.
  • Cek dan cocokkan IMEI iPhone yang akan kamu beli. Nah di sini kamu bisa cek dan cocokkan nomor IMEI yang tertera dengan beberapa cara yang sudah kita ulas.
  • Perhatikan kode negara iPhone. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan klaim garansi iPhone yang akan kamu beli. Kode negara yang dimaksud terletak sama dengan IMEI dan serial number.

Apakah kamu sudah tahu kode negara untuk Indonesia? Yaak kodenya PA/A.

Jangan lupa tanyakan seller apakah bisa membantu mengurus klaim garansinya atau tidak, bagaimana prosedurnya dan lama waktu yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder

Tips Membeli iPhone Second

tutorial cek imei iphone secara online

Nah itu dia beberapa tips dari penulis untuk kamu untuk yang ingin membeli iPhone baru. Bagaimana kalau dengan pembelian iPhone second?

Agar kamu mendapatkan iPhone yang mulus dan layak pakai jangka lama, kamu harus perhatikan hal-hal berikut:

  • Pilih tipe iPhone yang masih recomended, jangan pilih iPhone yang sudah lawas karena speknya mungkin tidak bisa bersaing dalam waktu yang lama.
  • Pilih iPhone FU (Factory unlock) agar kamu masih bisa berganti-ganti SIM card.
  • Jika mungkin carilah yang masih bergaransi.
  • Cek IMEInya dan pastikan iPhone yang akan kamu beli bukan dari Black Market.
  • Perhatikan kode negara dan pastikan jangan beli iPhone yang bergaransi internasional.
  • Pastikan iPhone yang akan kamu beli bukan barang refurbished (rekondisi). Jangan tergiur harga murah ya, be wise.
  • Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai seri iPhone yang akan kamu beli, sehingga tidak akan ada yang terlewat checking atau ditanyakan kepada seller.
  • Mintalah COD, dan lakukan cek kondisi fisik dan pastikan semua fitur berfungsi dengan baik.
  • Terakhir cek iCloud. Pastikan akun iCloud sudah dikeluarkan dan jangan lupa minta password iCloudnya.

Nah begitulah beberapa step agar kamu mendapatkan iPhone yang memuaskan. Dalam memutuskan pemilihan IPhone khususnya saat membeli Second benar-benar harus hati-hati ya.

Keputusan untuk memilih iPhone sebagai media komunikasi mu memang sangatlah tepat. Selain High class, iPhone juga dilengkapi fitur-fitur canggih. Agar tidak sia-sia, jadikan iPhonemu untuk menambah produktivitas mu.

Sekian artikel cara cek IMEI pada iPhone. Pastikan kamu beli yang ori, pastikan IMEInya cocok dan jangan lupa cek di web IMEI ya. Get your iPhone.

Leave a Comment