3 Cara Mematikan Windows Defender Untuk Pemula

Windows Defender yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Spyware adalah software anti spyware bawaan dari Windows (Windows 8 dan Windows 10) yang berjalan secara otomatis saat diaktifkan.

Fungsinya yaitu untuk melindungi komputer atau perangkat dari spyware yang terinstall secara otomatis tanpa sepengetahuan pengguna perangkat tersebut. Sistem kerja Windows Defender sendiri yaitu dengan cara memproteksi komputer secara real time.

Saat perangkat yang kamu gunakan terhubung dengan internet atau ketika kamu install software pada perangkat kamu dari media eksternal, windows defender ini yang bertugas melindungi perangkat kamu dari malware.

tutorial menonaktifkan windows defender di windows 10 permanen

Kerja maksimal Windows Defender ini tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Kekurangannya yaitu saat kamu mau menginstall software di perangkat kamu maka software tersebut akan terbaca sebagai spyware atau malware.

Saat kamu sedang mengalami hal itu, maka artinya Windows Defender kamu sedang dalam keadaan aktif dan solusinya kamu harus mematikan Windows Defender pada perangkat kamu baik untuk sementara atau permanen.

Postingan ini akan membahas tutorial cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mematikan/menonaktifkan Windows Defender pada perangkat kamu.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Membuat Stiker WA

Cara Mematikan Windows Defender pada Windows 7

Kalau perangkat kamu menggunakan Windows 7, maka cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Klik Start (logo Windows).
  • Ketikkan Windows Defender pada kolom Search Programs And Files lalu klik icon Windows Defender.

tips mematikan windows defender di windows 8

 

  • Akan muncul beberapa menu pilih Tools lalu pilih Tools and Settings dan pilih Option.
  • Akan muncul jendela Option, pada box sebelah kiri pilih Administrator, lalu hilangkan tanda centang pada checkbox Use this program, lalu Save.

trik mematikan windows defender di windows 10 permanen

Sekarang windows defender pada perangkat kamu sudah dalam keadaan nonaktif, kalau kamu ingin mengaktifkannya lagi tinggal ulangi cara yang sama dengan memberikan centang pada checkbox Use this program.

Cara Mematikan Window Defender pada Windows 8

Kalau kamu pengguna windows 8, maka cara mematikan Windows Defender pada perangkat kamu tidak jauh beda dengan cara pada windows 7 tadi yaitu dengan cara sebagai berikut:

Cara 1

Kamu bisa mematikan dengan disable start-upnya, pada saat screen ketikkan Windows Defender kemudian klik sampai terbuka jendela windows defender. Pilih Setting lalu klik Real-time protection maka akan muncul checkbox di sebelah kanan lalu hilangkan centangnya lalu klik Save Changes.

trik mematikan windows defender di windows 7

Cara 2

Kamu bisa mematikan windows defender dengan disable services windows defender dengan cara klik Windows logo + R untuk membuka jendela Run, lalu ketikkan services.msc lalu enter.

tips mematikan windows defender di windows 8

Double click pada Windows Defender Service maka akan muncul jendela services, pada startup type ganti dengan disable lalu klik OK. Terakhir jangan lupa restart perangkat kamu ya.

Untuk kembali mengaktifkannya lagi ulangi dengan cara yang sama lalu pilih enable di startup type nya. Gampang kan.

Jangan Lupa Baca : Cara Cek Pulsa Smartfren

Cara Mematikan Windows Defender pada Windows 10

Bagi kamu pengguna windows 10, ada 2 cara mematikan Windows Defender yang bisa kamu lakukan yaitu untuk sementara dan permanen. Simak caranya dibawah ini ya :

  • Pada screen ketikkan Windows Defender lalu double click sampai muncul jendela Windows Defender.
  • Klik Virus & threat protection, pada Virus & threat protection setting klik manage setting.
  • Geser slider ke posisi off pada Real-time protection.

tips menonaktifkan windows defender di windows 8

  • Agar windows defender kamu aktif lagi, ulangi cara yang sama ya dengan geser slider pada posisi on.

Sedangkan secara permanen kamu bisa menonaktifkan atau mematikan windows defender dengan 2 cara dibawah ini:

1. Local Group Policy

Fitur ini merupakan fitur windows yang digunakan untuk melihat, membuat, dan memodifikasi group policy termasuk bisa untuk mematikan windows defender. Caranya:

  • Pertama buka jendela Run dengan klik logo Windows+R lalu ketikkan gpedit.msc
  • Selanjutnya ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus lalu cari Turn Off Windows Defender Antivirus pilih bagian Enable terakhir klik apply lalu OK dan restart perangkat kamu dan selesai
  • Kalau kamu ingin mengaktifkannya lagi, maka caranya sama yaa, bedanya kamu pilih Not Configured pada bagian Turn off Windows Defender Antivirus.

2. Registry Editor

Registry adalah pusat database dari Operating System (OS) Windows. Hampir semua fitur dari OS tersebut terletak pada Registry, termasuk si Windows Defender ini. Nah, jika ingin mematikan Windows Defender, kamu bisa menggunakan fitur ini. Caranya:

  • Pertama pergi ke jendela Run dengan menekan logo windows+R. Lalu ketikkan regedit.msc
  • Selanjutnya pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender.
  • Klik kanan pada folder Windows Defender > New > DWORD (32-bit) value.
  • Beri nama Disable Anti Spyware lalu tekan Enter.

cara nonaktifkan windows defender di windows 10 permanen

  • Double klik pada DWORD (DisableAntiSpyware) yang baru saja dibuat, lalu ubah value data dari 0 menjadi 1 lalu klik Ok. Terakhir jangan lupa restart perangkat kamu yaaa.

Artikel Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Filmora

3. Defender Control

Defender Control merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mematikan Windows Defender. Caranya lebih ringkas dan mudah dipraktekkan. Berikut caranya:

  • Sebelumnya, pastikan kamu sudah download aplikasinya di Google (sudah banyak yang share). Lalu buka aplikasi tersebut.
  • Untuk mematikan Windows Defender, silahkan klik Disable Windows Defender. Selesai.
  • Sekadar info, jika Windows Defender dalam keadaan aktif, biasanya warnanya akan hijau. Namun, ketika Windows Defender mati, maka warnanya akan berubah menjadi merah.

cara mematikan windows defender di windows 8

Selain mematikan atau menonaktifkan windows defender biasanya beberapa pengguna mengalami kasus Windows Defender pada perangkat mereka tidak ditemukan. Pastikan kamu mengecek semua langkah diatas ya baik melalui Local Group Policy, Registry Editor dan Defender Control.

Baca Juga : Cara Cek Pulsa 3

Jika kamu masih mengalami error walaupun telah mempraktekan langkah-langkah diatas. Kemungkinan terbesar yang menjadi penyebabnya adalah Antivirus lain yang terinstall pada perangkat kamu. Misalnya kamu sudah menginstall Antivirus Avast, Norton atau AVG.

Cara untuk memperbaikinya yaitu dengan menguninstall antivirus tersebut lalu setelah benar-benar terhapus dari sistem, silahkan ulangi langkah-langkah yang saya jelaskan diatas. Anda dapat menginstall kembali antivirus setelah Windows Defender telah aktif.

cara mematikan windows defender di windows 7

Tetapi perlu diperhatikan bahwa ada sebagian dari antivirus yang tidak bisa bekerja dalam waktu yang bersamaan dengan Windows Defender. Hal ini mengharuskan Anda memilih untuk menggunakan program yang mana, Antivirus kah atau Windows Defender, terserah kehendak Anda.

Nah sekian tutorial cara mudah mematikan/menonaktifkan windows defender. Tetap ingat ya meskipun windows defender seringkali menjadi kendala tapi perangkat kamu tetap butuh diproteksi agar aman dari serangan virus. Semoga postingan kali ini bermanfaat buat kamu semua ya.

Leave a Comment