6 Cara Mudah Membuat Soal di Google Form

Mengingat begitu pentingnya sebuah ujian, maka para guru dituntut kreatif dalam mengadakan ujian online di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Form. Nah, bagi kalian yang sedang mencari cara membuat soal di Google Form, silakan simak artikel berikut ini dengan seksama.

Namun sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat soal di Google Form, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu pengertian, manfaat, serta alasan kenapa harus menggunakan Google Form.

Apa itu Google Form?

begini cara membuat soal di google form dari word

Google Form merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google yang umumnya digunakan untuk survei maupun layanan kuisioner online. Nyatanya, selain digunakan untuk dua hal tersebut, Google Form saat ini juga digunakan untuk ujian online selama pandemi.

Dengan menggunakan Google Form, kalian juga bisa membuat berbagai model soal, seperti pilihan ganda, jawaban singkat, maupun essay yang membutuhkan jawaban panjang. Selain itu, kalian juga bisa membuat soal bergambar atau yang lainnya.

Artikel Menarik : Cara Melihat Spek Laptop

Manfaat Google Form

Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan saat menggunakan Google Form:

1. Hemat Biaya

Dengan menggunakan Google form yang telah dibuat dan dibagikan secara online, kalian tidak perlu lagi mencetak formulir. Dengan cara ini, kalian akan menghemat kertas dan juga tinta.

2. Hemat Waktu dan Tenaga

Google Form dapat dibagikan dengan orang lain melalui email atau tautan. Jadi, kalian tidak perlu meninggalkan komputer atau smartphone untuk membagikan formulir tersebut.

Berkat kemudahan ini, kalian tidak perlu lagi mendatangi responden individu dengan permintaan untuk menyelesaikan formulir. Ini pastinya lebih menghemat waktu dan tenaga secara signifikan.

3. Data Disimpan dengan Aman

Setiap formulir yang kalian buat dan setiap tanggapan responden akan disimpan di Google Drive. Karena disimpan di Google Drive, kalian tidak perlu khawatir akan kehilangan data.

Kamu Wajib Baca : Cara Download Game di Laptop

Alasan Memilih Google Form

Sebenarnya, menggunakan Google Form cukup sederhana dibandingkan dengan penyedia formulir online serupa. Layanan dari Google ini tersedia secara gratis, sehingga memudahkan para pengguna tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli software.

Meskipun dapat ditingkatkan ke tingkat bisnis berbayar dengan G Suite, kalian dapat dengan mudah memanfaatkan layanan pembuatan formulir online gratis ini dengan Google Form.

Hal baiknya adalah akses pengguna akan lebih mudah dengan akun Gmail, karena satu akun Google dapat digunakan untuk menyinkronkan produk aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Cara membuat Soal di Google Form

Setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, sekarang saatnya kalian mengetahui bagaimana cara membuat soal di Google Form. Dan berikut ini cara-caranya:

1. Cara membuka Google Form

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat form baru.

  • Melalui halaman form.google.com secara langsung, kemudian klik tanda “+” atau buka blank form.

cara mudah membuat soal di google form dan dijadikan pdf

  • Melalui Google Drive, yaitu melalui drive.google.com, kemudian pilih tanda “+” atau “baru”, selanjutnya pilih Google Form.

cara mudah membuat soal di google form di hp

Setelah itu, akan muncul halaman baru Google Form yang bisa kalian gunakan untuk membuat soal ujian online. Dalam halaman itu, ada tiga bagian yang bisa kalian atur sesuai dengan kebutuhan.

ini lho cara membuat soal di google form di hp

A. Judul Form

Bagian ini terdapat di bagian atas di mana kalian bisa mengganti nama formulir yang ingin dibuat. Kalian bisa mengganti tulisan “untitled form” di pojok kanan atas yang letaknya di sebelah tombol “back” atau yang ada di paling atas formulir.

B. Deskripsi Form

Bagian ini terdapat di bawah judul form di mana kalian bisa mengisi informasi yang ingin disampaikan terkait ujian yang sedang diadakan. Kalian juga bisa menambahkan informasi lain seperti informasi terkait pengerjaan soal.

C. Bagian Pertanyaan

Ini merupakan bagian utama, di mana kalian akan membuat soal ujian online, baik itu soal pilihan ganda, jawaban singkat, maupun essay yang bisa kalian pilih dengan mudah melalui pilihan menu simbol panah ke bawah.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Cek Imei Pada Samsung

2. Cara Membuat Soal dengan Format Pilihan Ganda

begini cara membuat soal di google form pilihan ganda

Setelah kalian mengetahui bagaimana caranya membuka form baru, berikut ini cara membuat soal di Google Form dengan format pilihan ganda.

  • Setelah kalian mengikuti langkah di atas untuk membuka Google Form, secara otomatis akan muncul formulir dengan format pilihan ganda.
  • Selanjutnya, isi kolom pertanyaan dengan kalimat pertanyaan yang ingin diujikan.
  • Masukkan pilihan jawaban di kolom “opsi”, kalian bebas menggunakan berapa banyak pilihan jawaban yang ingin kalian pakai.
  • Terakhir, atur bagian “wajib diisi” yang ada di bagian bawah lembar formulir.

3. Cara Membuat Soal dengan Format Essay

cara membuat soal di google form dengan format essay

Untuk pilihan jenis soal ujian online yang selanjutnya adalah essay. Dan berikut ini cara membuat soal di Google Form dalam format essay:

  • Lakukan langkah-langkah membuat Google Form seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Pada tanda panah di samping “pilihan ganda” ubah ke “paragraf”, karena dalam ujian essay pasti memerlukan jawaban yang panjang.
  • Isi pertanyaan yang sudah disediakan pada kolom pertanyaan.
  • Jika kalian ingin menambahkan pertanyaan, klik simbol “+” yang ada di pojok kiri bawah tampilan Google Form.
  • Lanjutkan sampai semua pertanyaan yang ingin diujikan terisi di Google Form.

Note: untuk cara membuat soal di Google Form dengan format jawaban singkat, caranya sama persis, bedanya untuk poin yang nomor dua, ubah ke “jawaban singkat”.

cara membuat soal di google form dengan format jawaban singkat

4. Cara Membuat Soal yang Tampilannya Bagus

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara membuat soal di Google Form, maka cara ini bisa kalian lakukan untuk membuat tampilan form yang lebih bagus agar tidak terlihat polos.

Ada dua pilihan menu yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik tampilan form, yaitu menu “sesuaikan tema” untuk membuat tampilan lebih menarik, dan “pratinjau” untuk meninjau setiap langkah yang sudah kalian lakukan.

Pada menu “sesuaikan tema”, kalian bisa mengubah gambar header, warna tema, warna background, dan font tulisan. Semua pilihan tersebut bisa kalian sesuaikan sendiri tergantung kebutuhan.

Setelah kalian mengubah tampilan form, kalian bisa melihatnya terlebih dahulu sebelum dibagikan, caranya dengan menekan menu “pratinjau” atau simbol mata yang ada di sebelah “sesuaikan tema”. Jika tidak ada, berarti letaknya ada di menu titik tiga di sebelah profil.

Note: cara ini bisa kalian gunakan untuk setiap form yang sudah dibuat.

Baca Juga : Cara Mengunci Folder

5. Mengatur Google Form untuk Soal dan Poin jawaban

cara mudah membuat soal di google form dengan soal dan poin jawaban

Setelah kalian mengetahui bagaimana cara membuat soal di Google Form dan mengatur tampilannya agar lebih menarik, maka langkah berikutnya adalah mengatur soal dan jawaban untuk mempermudah dalam mengoreksi jawaban siswa.

Untuk masuk ke kolom pengaturan ini. Langkah pertama, klik simbol titik tiga pada samping profil. Selanjutnya silakan pilih menu “setelan”, maka akan muncul sebuah tab baru yang berisi kolom umum, presentasi, dan kuis.

A. Tab Umum

cara membuat soal di google form dengan tab umum

Pada pengaturan ini, kalian bisa mengatur pilihan jawaban yang bisa dipilih oleh siswa dengan memberi centang pada “batasi ke 1 tanggapan”.

Kemudian, kalian bisa mengatur, apakah siswa boleh mengedit ulang pilihan jawabannya atau tidak dengan menu “edit setelah mengirimkan”.

B. Tab Presentasi

cara membuat soal di google form dengan tab presentasi

Pada pengaturan ini, kalian bisa mengatur jumlah pertanyaan yang harus diselesaikan dengan memberi centang pada “tampilkan status progres”.

Selain itu, kalian juga bisa mengacak urutan pertanyaan yang sudah dibuat dengan cara memberi centang pada “acak urutan pertanyaan”.

C. Tab Kuis

cara membuat soal di google form dengan tab kuis

Ini merupakan pengaturan yang paling penting di mana kalian bisa menggunakannya untuk mengoreksi secara otomatis jawaban yang sudah dikirim para siswa yang mengisi jawaban pada form.

Atur pengaturan seperti gambar di atas dalam menentukan nilai untuk kata kunci jawaban yang benar. Setelah membuat pengaturan seperti itu, berikut ini langkah yang perlu kalian ikuti untuk membuat dan melihat kunci jawaban di Google Form untuk soal ujian dengan format pilihan ganda.

  • Pilih menu “kunci jawaban” yang ada di pojok kiri bawah form soal.

cara membuat soal di google form tahapan membuat form soal

  • Pilih jawaban yang benar untuk soal itu.

cara membuat soal di google form tahapan jawaban form soal

  • Selanjutnya, beri nilai untuk tiap jawaban yang benar.
  • Pilih “selesai”, jika kalian sudah mengisi kunci jawaban dan membuat poin penilaian.
  • Ulangi langkah 1 hingga 4 untuk setiap soal pilihan ganda.

6. Cara Membagikan Tautan Kepada Siswa

Setelah kalian mengikuti langkah-langkah cara membuat soal di Google Form, langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah membagikan soal yang sudah dibuat.

Dan berikut ini cara paling mudah untuk membagikan tautan Google Form kepada para siswa:

  • Pilih tombol “kirim” yang ada di pojok kanan atas.

ini cara membuat soal di google form tahapan melihat kunci jawaban

  • Klik pada simbol “link” seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Salin dan simpan tautan yang nantinya akan kalian bagikan ke siswa yang mengikuti ujian.

Note: untuk memperpendek link, kalian hanya perlu memberi centang pada kolom “shorten URL” yang ada di bawah tautan.

Kesimpulan

Kurang lebih seperti itulah cara membuat soal di Google Form yang dimulai dari membuka Google Form, membuat soal pilihan ganda maupun essay, hingga membagikan tautan kepada siswa yang akan mengikuti ujian. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment