4 Cara Mengisi Token Listrik Prabayar 2021

Listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berlakunya PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, mau tidak mau semua aktivitas dilakukan di rumah.

Salah satunya adalah bekerja. Dengan banyaknya orang yang bekerja dari rumah atau WFH, mau tidak mau penggunaan listrik akan semakin tinggi. Pernah muncul isu terkait masalah ini, yakni harga listrik melonjak tinggi.

tips isi token listrik yang sudah habis

Dengan adanya listrik prabayar tentu ini merupakan salah satu solusi yang dapat membantu kita dikala bekerja dari rumah. Sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa mengisi token listriknya sendiri.

Oleh karena itu penulis berniat membuat artikel tentang cara mengisi token listrik yang sudah habis.

Mengenal Bargainser (Meteran Listrik) untuk Mengisi Token Listrik

Untuk dapat mengisi token listrik, kalian perlu memasukkannya ke bargainser. Sebelum masuk ke pembahasan cara mengisi token listrik, kalian mesti paham dulu apa itu bargainser. Apabila kalian tidak kenal alat ini maka kalian tidak bisa mengisi token listrik.

Bargainser atau yang biasa dikenal meteran listrik, merupakan alat yang digunakan untuk mengatur segala aktivitas kelistrikan di rumah. Contohnya seperti mengisi token listrik, melihat saldo token serta lain sebagainya.

Untuk mengenal lebih dekat brainzer atau meteran listrik, silakan lihat gambar berikut ini:

tutorial isi token PLN menggunakan mandiri online

Mari kita bahas bagian-bagian terpenting dari meteran listrik ini yang mesti kalian pahami.

  • LCD Display: layar kecil ini digunakan untuk memantau serta melihat sisa pulsa listrik atau kWh yang masih tersisa.
  • Alarm Indikator: lampu tersebut merupakan status dari meteran listrik, setidaknya ada tiga tanda, yakni hijau, kuning dan merah. Hijau berarti sisa token masih banyak. Kuning artinya cukup banyak dan merah diartikan sisa pulsa tinggal sedikit.
  • Meter Type and Manufactures: merupakan barcode yang berisi nomor seri meteran listrik berjumlah 11 digit. Jika kalian ingin membeli token listrik maka wajib memasukkan nomor ini.
  • Keypad: ini merupakan tombol-tombol yang digunakan untuk memasukkan token listrik yang telah kalian beli sebelumnya.

Artikel Menarik : Cara Mengatasi Playstore Tidak Bisa Download

Nominal Token Listrik yang Tersedia

tips isi token listrik menggunakan ovo

Sama seperti pulsa internet atau biasa, token listrik juga mempunyai berbagai variasi nominal yang tersedia. Setidaknya ada 6 nominal dari token listrik versi PLN. Mulai dari kisaran 20 ribu hingga 1 jutaan.

Untuk setiap nominalnya mempunyai harga yang berbeda-beda, tergantung dimana tempat kalian membelinya. Harganya ada yang kurang dari nominal dan ada juga yang lebih dari total nominalnya.

Misalnya untuk nominal 20 ribu, di beberapa tempat ada yang menjual 19 ribu serta ada juga yang menjual 21 ribu. Untuk lebih jelas mengenai nominal token listrik kalian bisa melihat tabel berikut ini:

Note: pada tabel berikut ini penulis tidak mencantumkan harga, hanya nominalnya saja.

Nominal Token

Pulsa yang Diterima

(pajak 3%)

Konversi ke Listrik

(pajak 3%)

Rp20.000

Rp17.000 13,2 kWh

Rp50.000

Rp47.000

33,1 kWh

Rp100.000

Rp97.000

66,2 kWh

Rp250.000

Rp244.000

132,3 kWh

Rp500.000

Rp494.000

328,9 kWh

Rp1.000.000 Rp994.000

659,7 kWh

Kamu Wajib Baca : Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Mengisi Token Listrik PLN

Kalian sudah mengenal bargainser, lalu juga sudah tau minimal dan maksimal nominal dari token listrik. Sekarang saatnya belajar cara mengisi token listrik. Sebelum lanjut, kalian mesti tau beberapa fungsi komponen bargainser.

Diatas saya sudah menjelaskan secara singkat terkait komponen LCD display, alarm indikator, keypad dan nomor seri. Komponen-komponen tersebut wajib kalian ketahui untuk bisa mengisi token listrik.

Apabila kalian sudah paham, mari belajar cara mengisi token listrik pada bargainser atau meteran listrik:

1. Membeli Voucher Listrik dengan Nominal sesuai Kebutuhan

tips isi token listrik lewat mandiri online

Hal pertama yang mesti kalian lakukan terkait cara mengisi token listrik adalah membeli pulsa atau token listrik. Untuk dapat membeli token, kalian bisa cari di beberapa tempat, misalnya agen pulsa, minimarket bahkan marketplaces.

Terkait nominal yang bisa kalian beli mulai dari 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, sampai 1 juta. Bahkan di beberapa marketplace ada yang menjual sampai 50 juta.

Untuk bisa membeli token, kalian diharuskan memasukkan nomor seri yang 11 digit. Berkaitan nomor seri, sebelumnya penulis telah memberikan gambar mengenai lokasi dari komponen ini. Jika lupa letaknya, kalian bisa melihat lagi gambar di atas.

2. Masukkan 20 Digit Angka Token ke Meteran Listrik

tips isi token listrik menggunakan mandiri online

Jika token listrik sudah terbeli, kalian akan mendapatkan 20 digit kode. Deretan angka tersebut disebut juga kode token.

Syarat pertama untuk memulai cara mengisi token listrik sudah kalian penuhi, yakni dengan membeli voucher. Langkah selanjutnya masukan kode yang telah kalian beli tadi ke bargainser atau meteran listrik.

Untuk bisa memasukkan kode tersebut mesti kalian ketik melalui keypad. Seperti yang telah terlihat di gambar sebelumnya, keypad adalah tombol yang berupa angka serta tombol enter dan backspace yang dapat kalian gunakan untuk memasukkan inputan.

Inputan yang dimaksud adalah 20 digit kode token. Apabila dalam memasukkan kode tersebut ada kesalahan penulisan, kalian bisa tekan tombol backspace untuk menghapusnya. Jika kode tersebut sudah benar, silahkan tekan tombol enter.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Melihat IP Address

3. Perhatikan Kode Konfirmasi Setelah Mengisi Token Listrik

tips mengisi token listrik via shopee

Seperti yang telah penulis sebutkan sebelumnya, apabila nomor kode token sudah benar dimasukkan, tekan tombol enter. Setelah menekan tombol ini, layar LCD akan menampilkan konfirmasi dari apa yang telah kalian inputan tadi.

Misalkan kalian salah memasukkan kode, maka layar LCD akan menampilkan pesan “salah” atau “reject”. Jika kode token salah dimasukkan, maka kalian akan diminta untuk terus memasukkannya sampai berhasil.

Sebaliknya, apabila kalian benar memasukkan kode token listrik maka layar kecil tersebut akan memunculkan pesan “benar” atau “accept”.

4. Input Kode Selesai, Token Kembali Terisi

tips mengisi token listrik via tokopedia

Bila kalian benar memasukkan 20 digit kode dan terdapat pesan konfirmasi “accept”, maka kalian telah berhasil mengisi token listrik. Untuk memastikannya lihatlah lampu atau alarm indikator.

Jika masih warna merah dan berkedip-kedip sambil bersuara maka prosesnya gagal. Sebaliknya Jika lampu indikatornya berwarna hijau, maka prosesnya berhasil.

Selain alarm indikator, kalian juga bisa melihat layar LCD. Jika layar kecil tersebut menampilkan pulsa, maka bisa dipastikan cara mengisi token listrik telah sukses.

Baca Juga : Cara Membuat Undangan Digital

Cara Membeli Token Listrik PLN

Sempat penulis singgung diatas terkait pembelian token listrik. Sebelumnya penulis hanya menyebutkan tempat-tempat yang bisa kalian singgahi untuk membeli token. Sekarang saatnya penulis membahas tentang cara membeli token listrik.

Sebelum lanjut, pastikan kalian sudah baca pembahasan cara mengisi token listrik. Hal ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan, oleh karena itu pahami dulu pembahasan tersebut.

Penulis asumsikan kalian sudah tahu cara mengisi token listrik, selanjutnya kita akan membahas cara beli token di beberapa platform. Seperti Tokopedia, Shopee, OVO, MBCA dan Mandiri online. Berikut tata cara membeli token listrik:

1. Lewat Tokopedia

Semenjak adanya marketplace, kita sebagai pengguna semakin dimudahkan untuk transaksi, khususnya membeli token listrik. Melalui Tokopedia, kalian tidak perlu lagi keluar rumah.

Tinggal menggerakkan jempol, tagihan atau pembelian token sudah berhasil dilakukan. Metode pembayaran yang terdapat di platform ini beragam, bisa online banking bahkan dompet digital.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tata cara membeli token listrik lewat HP:

  • Masuk ke website Tokopedia, silahkan login terlebih dahulu.

tutorial isi token PLN menggunakan ovo

  • Pada kolom search bar, ketikan PLN kemudian klik. Untuk lebih lengkapnya ikuti perintah di gambar ini.

tutorial isi token PLN menggunakan mbca

  • Pilih Token Listrik dari ketiga radio button yang tersedia. Masukan nomor seri dari meteran listrik kalian. Pilih nominal pulsa yang ingin dibeli.

tutorial isi token PLN via shopee

  • Pastikan nomor seri dari meteran listrik yang kalian masukan sudah benar, totalnya ada sekitar 11 digit angka.
  • Apabila kodenya sudah benar dan nominal pulsanya sudah tepat, klik tombol Beli.

tutorial isi token PLN via tokopedia

  • Kemudian kalian akan dibawa masuk ke halaman checkout. Silakan lihat kembali daftar tersebut, bila sudah benar klik tombol Pilih Pembayaran.

langkah mengisi token PLN lewat mbca

  • Kalian bebas memilih metode pembayaran apapun, bisa OVO, Mandiri Online dan juga Alfamart. Jika sudah, pilih tombol Lanjutkan.

langkah mengisi token PLN menggunakan mbca

  • Proses pembelian token listrik kalian sudah berhasil, kode yang 20 digit akan kalian terima.

2. Lewat Shopee

Selain Tokopedia, perusahaan asal Singapura ini bisa kalian gunakan untuk membeli atau membayar tagihan. Salah satunya adalah membayar tagihan listrik pascabayar ataupun membeli token listrik prabayar.

Tata cara penggunaannya hampir sama dengan Tokopedia, tapi yang membedakannya adalah metode pembayaran. Jika marketplace yang identik warna hijau tersebut menggunakan OVO, maka Shopee mendukung ShopeePay.

  • Silahkan masuk ke halaman resmi Shopee Indonesia. Bagi yang belum punya akun sebaiknya daftar dulu. Jika sudah punya akun, segera masuk.

langkah mengisi token PLN gratis

  • Jika sudah masuk ke halaman utama Shopee, pilih menu Pulsa, Tagihan & Hiburan.

langkah mengisi token PLN via shopee

  • Setelah masuk di menu tersebut, klik tab PLN (gambar lampu).

langkah mengisi token PLN via tokopedia

  • Pilih Token Listrik di menu radio button. Isikan nomor seri yang terdapat di meteran listrik kalian. Isikan juga nominal pulsa yang ingin kalian beli. Jika semua form sudah terisi tekan tombol Lanjut.

langkah mengisi token PLN lewat shopee

  • Kemudian pilih metode pembayaran yang kalian inginkan. Setelah selesai transaksi, nomor voucher akan segera kalian terima.

3. Menggunakan OVO

Startup yang satu ini sudah bervaluasi lebih dari 1 miliar US Dollar. Oleh karena itu bisa dibilang salah satu unicorn yang dipunyai Indonesia. Selain OVO, startup lainya adalah  Gojek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka.

Dengan menyandang status unicorn, tentu OVO memiliki layanan untuk dapat membeli token listrik. Bagi kalian yang penasaran bagaimana cara membeli token di perusahaan ini, berikut ulasannya:

  • Buka aplikasi OVO yang terdapat di smartphone Kemudian pilih menu PLN.

langkah mengisi token PLN lewat tokopedia

  • Setelah masuk, pilih Token Listrik.

langkah mengisi token PLN lewat hp

  • Selanjutnya masukan nomor meteran dan nominal token listrik.

langkah mengisi pulsa token PLN

  • Kemudian akan muncul jendela popup Pastikan apa yang telah kalian masukan benar, lalu tekan Konfirmasi.

langkah mengisi token PLN yang sudah habis

  • Kalian akan masuk ke panel Metode Pembayaran. Pada halaman ini cukup tekan tombol Bayar. Otomatis voucher akan segera dikirimkan.

langkah mengisi token PLN menggunakan ovo

4. Menggunakan MBCA

Selain membeli token lewat marketplace dan dompet digital, tentu pembayaran melalui mobile banking atau internet banking juga bisa. Salah satu bank yang bisa digunakan untuk membeli token listrik adalah BCA.

Melalui layanan MBCA, kalian dapat dengan mudah membeli token tanpa perlu datang ke gerai atau kios. Cara penggunaan aplikasi tersebut juga cukup mudah, tinggal pencet sedikit, token listrik sudah kebeli.

  • Buka aplikasi BCA, kemudian tekan m-BCA.

langkah mengisi token PLN lewat mandiri online

  • Setelah masuk ke menu m-BCA, tekan m-Commerce.

langkah mengisi token PLN menggunakan mandiri online

  • Untuk bisa mengisi token listrik, kalian harus memilih menu PLN Prabayar.

tips isi token listrik lewat mbca

  • Menu form akan muncul setelah ini. Kalian diharuskan mengisi masing-masing form sesuai dengan perintah.

tips isi token listrik menggunakan mbca

  • Apabila sudah mengisi form tadi, selanjutnya kalian masukan nominal token listrik yang ingin dibeli.

tips isi token listrik gratis

  • Jika sudah memasukkan nominal token listrik, lalu klik tombol OK. Transaksi kalian di MBCA akan segera diproses dan kemudian kalian akan mendapatkan kode voucher.

5. Menggunakan Mandiri

Salah satu bank terbesar di Indonesia adalah Mandiri. Dengan Bank Mandiri, kalian bisa melakukan berbagai transaksi baik secara online maupun offline. Token listrik merupakan salah satu layanan yang tersedia di bank yang berplat merah ini.

Jika kalian ingin mendapatkan token listrik berarti harus membelinya melalui Mandiri Online. Melalui fitur tersebut kalian bisa mengisi token yang sudah habis. Proses atau tata cara pembelian token disini juga cukup mudah sama seperti MBCA.

  • Buka aplikasi Mandiri Online. Masuk ke akun kalian dengan mengisi form username dan password.

tips isi token listrik via shopee

  • Jika sudah masuk ke homepage Mandiri online, kalian bisa langsung tekan menu Beli. Untuk lebih jelasnya bisa langsung lihat gambar dibawah ini.

tips isi token listrik via tokopedia

  • Pilih Buat Pembelian Baru kemudian tekan menu PLN Prabayar.

tips isi token listrik lewat shopee

  • Masukan nomor telepon yang kalian gunakan untuk mendaftar di Mandiri online.

tips isi token listrik lewat tokopedia

  • Selanjutnya pilih PLN Prabayar di menu Penyedia Jasa. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut ini.

tips isi token listrik lewat hp

  • Kemudian masukan juga nomor meteran listrik dan nominal pulsa yang ingin kalian beli.

tips isi pulsa token listrik

  • Bila semua sudah terisi, tekan tombol LANJUT. Maka setelah menunggu beberapa saat, kalian akan mendapatkan nomor voucher.

Kesimpulan

Energi listrik sudah tak terpisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari. Tanpa listrik aktivitas akan terhambat, bahkan tidak bisa WFH. Oleh karena itu, kalian perlu tahu cara mengisi token listrik, dengan cara tersebut kalian bisa mengisi token yang sudah habis.

Selain mengisi, kalian sudah paham juga terkait pembelian token listrik, baik itu di OVO, MBCA bahkan di Mandiri online. Dengan dua pemahaman tersebut, aktivitas harian maupun bekerja di rumah akan lancar.

Leave a Comment