4 Cara Cek IP Address Paling Mudah Untuk Pemula

Alamat IP merupakan salah satu alamat untuk mengenali asal sebuah koneksi. Boleh dibilang bahwa alamat IP ini seperti akta bagi komputer dan juga ponsel. Setiap alamat IP akan menunjukkan dimana letak komputer tersebut dan apa namanya. Jadi akan sangat penting buatmu menjaga keamanannya.

Lalu, adakah cara untuk cek IP Address? Jawabannya tentu saja ada, dan cara tersebut tidaklah terlalu sulit. Langsung saja, berikut beberapa cara yang bisa Kamu coba.

Tutorial Cek IP Address di Komputer, Laptop dan HP

Zaman sekarang sudah tidak saatnya lagi orang mencopet. Segala jenis pencurian akan lebih berharga jika yang dicuri adalah data pribadi ataupun foto. Sudah banyak sekali kasus pencurian data yang membuat korbannya kalang kabut. Sebagai contoh misal sebuah foto yang seharusnya tidak tersebar luaskan, malah tersebar luas, karena adanya pencurian data.

Kasus pencurian data zaman sekarang tidak hanya berupa pengkopian file melalui flashdisk. Tapi kadang juga bisa dilakukan melalui Wi-Fi. Jangankan foto, nomor kartu kredit Kamu pun dapat bocor apabila Kamu tidak berhati-hati dalam menyambungkan diri ke publik Wi-Fi.

Sebelum Kamu tahu caranya menjaga keamanan IP, yang pertama Kamu harus tahu bagaimana cara cek IP Address milikmu. Jika tidak lantas bagaimana Kamu akan menjaga keamanannya pada IP Address sendiri pun tidak tahu? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan cek pada IP Address yaitu:

1. Gunakan CMD

memeriksa wifi ip address

Cara ini merupakan cara yang mudah, tapi sayangnya banyak orang yang merasa tidak mampu melakukannya hanya karena tampilan dari CMD begitu intimidatif. Tampilan yang sangat sederhana seperti Kamu adalah seorang hacker. Biasanya memang cmd digunakan untuk memberi tugas kepada komputer.

Pertama-tama Kamu hanya perlu membuka CMD dengan mengetikkan CMD pada kolom search. Setelah itu pada CMD ketikan “cmd/k IP confiq/ all” setelah itu CMD akan menampilkan IP Address komputer Kamu pada antarmuka CMD. Memang cara ini sedikit ribet tapi demi keamanan tidaklah masalah.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa Kamu lakukan melalui CMD. Tetapi itu membutuhkan command yang sangat sulit dimengerti. Jadi ada baiknya kalau memang ini pertama kali Kamu membuka CMD, Kamu dapat pelajari cara kerja CMD untuk memudahkan Kamu dalam melakukan perintah komputer.

Bagi pengguna Linux tentu caranya akan berbeda. Pertama-tama, Kamu harus membuka terminal setelah itu ketikan “sudo ifconfig” setelah itu IP Address Kamu akan muncul di layar terminal. Cara ini akan bekerja pada pengguna Linux yang berbasis Debian dan juga Arch Linux.

Artikel Menarik : Cara Ubah JPG ke PNG

2. Cek IP Address via Control Panel

cara mengetahui ip address iphone

Cara cek IP Address  berikutnya adalah melalui control panel. Jika cara di atas dianggap terlalu rumit untuk dipraktekan, maka cara ini akan jauh lebih simpel. Pertama-tama, Kamu harus membuka control panel yang ada dalam windows Kamu. Setelah itu langsung saja menuju network and sharing center.

Kemudian Kamu tinggal click profil koneksi Kamu, setelah itu cek pada kolom status. Disana akan muncul IP Address Kamu. Sebenarnya cara ini merupakan cara yang sama tujuannya dengan cara diatas. Hanya saja memang memiliki wasilah yang berbeda.

Untuk Kamu yang menggunakan Linux atau Mac OS, caranya akan sedikit berbeda. Pertama Kamu harus menuju ke bagian wifi (connection) pada devices Kamu. Setelah itu click kanan dan menuju ke wifi setting. Disana akan langsung terpampang nyata alamat ip Kamu. Namun untuk pengguna Linux sepertinya akan lebih cepat apabila menggunakan terminal.

Bagi Kamu yang memang sudah expert soal komputer pasti akan males deh melakukan click terlalu banyak kecuali memang sangat diperlukan. Jadi akan  lebih cocok untuk melakukanya dengan melalui CMD atau terminal.

3. Melalui Web

cara mengetahui ip address iphone

Cara selanjutnya untuk melakukan cek pada ip Kamu adalah menggunakan website yang akan mengenali IP. sebenarnya hampir semua website akan mengenali IP Kamu terlebih dahulu sebelum mengizinkan Kamu mengaksesnya. Tetapi hanya ada beberapa website yang akan menunjukkan alamat IP Kamu.

Salah satunya tentu adalah what is my IP Address.com dalam situs ini Kamu akan langsung melihat sebenarnya apa alamat IP Kamu. Cara mengetahui alamat IP mu, Kamu akan lebih mudah dalam menjaga keamanan data di komputer Kamu.

Website lain yang akan menawarkan jasa yang sama yaitu whois.net dalam web ini Kamu akan mengetahui alamat IP serta DNS yang Kamu pakai. Mungkin cara menggunakan website adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui alamat IP.

Sebab Kamu tidak perlu membuka ataupun menggunakan program tambahan untuk melakukan check IP. Tentunya setiap bab akan memiliki risiko sendiri-sendiri. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan website yang sudah terkenal dan memiliki nama besar contohnya whois.net.

Ini karena tidak semua website akan bertanggung jawab pada keamanan Kamu. Terkadang beberapa website mendapatkan Kamu warning dari pihak browser dikarenakan keamanannya tidak terjaga.

Jika sebuah web tidak dapat memberikan keamanan kepada privasi Kamu maka jangan harap, Kamu akan dapat mengandalkan website tersebut. Sangat disarankan untuk cari web lain saja yang sudah teruji keamanannya. Mengingat banyak website di luar yang menyediakan jasa cek ip Kamu sepertinya tidak perlu khawatir soal mencari alternatif.

4. Cek IP Address via Smartphone

cek ip address lokasi

Salah satu cara mudah lainya untuk melakukan cek IP Address adalah menggunakan smartphone. Tentunya ada beberapa cara yang Kamu dapat coba, pertama mungkin dengan menggunakan app. Cara ini merupakan cara paling simpel dan sederhana. Jadi kemungkinan Kamu gak akan kesulitan buat melakukannya.

Pertama-tama tentu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Ada beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai ip checker. Tapi akan lebih direkomendasikan app yang sudah memiliki rating tinggi. Tentu itu terkait keamanan Kamu sendiri sebagai pengguna smartphone.

Seperti yang Kamu ketahui, dalam penggunaan app akan ada izin khusus yang diminta, jangan sampai aplikasi IP ini Kamu beri izin untuk akses kontak serta penyimpanan Kamu! Sejak kapan cek IP harus pakai akses kontak? Itu hanya akal-akalan saja supaya data Kamu dapat dijual kembali.

Kesadaran akan keamanan semacam ini kan sangat membawa peran besar dalam cara Kamu menggunakan smartphone. Sekarang ada berapa banyak aplikasi yang Kamu izinkan untuk akses kontak? Hmmm pasti banyak yah. Sebenarnya beberapa app memang mengharuskan akses kontak sebagai syarat seperti WhatsApp tapi ada lebih banyak yang tidak.

Kamu Wajib Baca : Cara Menggabungkan Video Secara Online

Langkah Cek IP Address Menggunakan Aplikasi

Nah, app yang harus Kamu install adalah ‘what is my IP Address’ aplikasi ini akan memudahkan Kamu dalam melakukan cek ip. Tetapi ingat ya, jangan izinkan akses menuju ke file pribadi karena tidak memerlukan akses kontak dan penyimpanan untuk mengetahui IP.

Setelah Kamu mendownload dan install app tersebut, langsung saja buka kemudian secara ajaib IP Address Kamu sudah muncul langsung pada antarmuka aplikasi. Mudah ya? Memang mudah sih, tapi ribet harus install dulu.

Kalau Kamu mau cara yang lebih sederhana juga ada. Cara ini tidak akan membutuhkan aplikasi tambahan sebagai salah satu syaratnya. Yang Kamu butuhkan hanyalah smartphone Kamu saja. Caranya adalah pertama buka network and connection. Kemudian lanjut menuju jendela wifi, lantas pilih wifi preference.

Di bagian paling bawah display akan muncul IP Address Kamu! Mudah simpel dan tanpa ribet. Tapi terkadang tampilan smartphone itu kan beda-beda ya? Jadi tidak semua smartphone punya tipe tampilan pengaturan yang sama, tetapi secara garis besar Kamu bisa ikuti langkah yang tadi kok!

Mau pakai iPhone ataupun ponsel Android, caranya secara umum sama saja, hanya saja mungkin ada tambahan step atau malah pengurangan tergantung dari jenis ROM yang digunakan. Kalau mau dilihat, layout dari sebuah HP  juga tidak terlalu rumit, cuma gitu-gitu aja. Jadi Kamu gak perlu bingung deh buat cari IP Addressmu.

Atau kalau sekiranya Kamu kesusahan menemukan ip pada ponsel akan lebih baik kalau Kamu pakai app saja. Walau harus melakukan install, cek ip ini akan jauh lebih terasa sederhana apabila Kamu sering melakukan cek IP Address. Memang ada 2 cara cek IP Address di smartphone, tapi soal pilihan tentu ada ditanganmu sendiri.

Penting Untuk Kamu Tau : Cara Menghapus Chromium

Perbedaan IP dan DNS

memeriksa wifi ip address

Kalau mau bicara fungsi tentu Kamu juga sudah membacanya di atas, tapi itu hanya merupakan gambaran besar dari macam fungsi ip. Intinya IP Address akan menjadi identitas sebuah device secara digital. Jadi dapat dijelaskan bahwa IP Address punya peran besar dalam urusan keamanan. Sebagai contoh saja, IP Address dapat membuat lokasi  Kamu terlihat secara jelas.

Biasanya IP Address akan sangat diperhatikan kegunaannya ketika Kamu berada dalam sebuah kantor besar dari perusahaan. Disana IP Address yang Kamu punya akan menampung informasi terkait siapa pengguna komputer tersebut hingga dimana lokasi komputer saat ini. Walaupun IP Address memang dapat berubah-ubah tergantung jenisnya (public/private).

Sebuah perusahaan pasti sudah menggunakan ip private untuk perusahaan mereka. Hal itu tentu menjadi salah satu hal yang bertujuan mengamankan data dari perusahaan tersebut. Sayangnya masih banyak orang yang merasa asing dengan apa itu IP Address. Banyak yang masih tertukar antara ip dengan DNS.

Padahal IP dan DNS merupakan 2 elemen berbeda dalam urusan koneksi. IP Address (internet protocol address) sedangkan DNS adalah sistem yang mengubah IP menjadi domain. Jadi, secara tak langsung ketika Kamu mengakses internet, Kamu sebenarnya sedang terhubung ke sebuah alamat ip. Tapi alamat tersebut sudah diubah menjadi sebuah domain oleh sistem DNS.

Dengan kata lain, Kamu telah dimudahkan dalam setiap akses internet yang Kamu lakukan DNS sudah bekerja dengan cara membuat Kamu lebih mudah dalam akses tersebut. “Terus kalau situsnya ganti IP jadi gabisa dibuka dong?” Pertanyaan yang  smart, jawabannya tentu saja masih bisa.

Baca Juga : Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca

Kesimpulan

Dalam sistem DNS juga membuat Kamu dapat menggunakan nama DNS yang sama untuk menghindari pergantian IP. Walaupun IP Address Kamu ganti, tetap tidak masalah sebab DNS tersebut masih sama. DNS membuat internetan jadi lebih konsisten sekaligus mudah.

Bayangkan saja, misal Kamu harus mengetik IP Address tiap kali mau buka Facebook? Pasti hasilnya Kamu harus pusing menghafal nama Ip Facebook yang ada jutaan itu, untungnya ada DNS yang akan membuat hal tersebut lebih ringkas. Semoga ulasan tadi bisa membantu Kamu ya. Selamat mencoba.

Leave a Comment