7 Alasan Flashdisk Tidak Terbaca dan Repairnya

Flashdisk merupakan sebuah alat yang sering kita gunakan untuk menyimpan data yang bisa kita buka pada komputer ataupun laptop lain. Akan menjadi hal yang menjengkelkan jika flashdisk tidak terbaca secara tiba-tiba.

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data yang muncul sejak akhir tahun 2000-an. Kemunculannya ini bisa dibilang revolusioner pada dunia perkomputeran karena ukurannya yang kecil dengan kapasitas penyimpanan yang besar.

Flashdisk terbagi menjadi dua bagian, USB connector dan juga tempat penyimpanan. USB connector merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan flashdisk dengan PC/laptop. Sedangkan tempat penyimpanan dari USB sendiri terlindungi dalam wadah flashdisk tersebut.

repair isi flashdisk tidak terbaca

Sifatnya yang menggunakan USB port sebagai perantara membuatnya sangat mudah untuk digunakan, baik untuk PC/laptop, radio di mobil, HP, dan lain-lain.

Walaupun dilengkapi dengan kemajuan teknologi abad ke-21, flashdisk tidaklah luput dari kerusakan yang bisa dialami oleh flashdisk tersebut.

Salah satu kerusakan yang mungkin terjadi kepada anda adalah flashdisk tidak terbaca pada PC ataupun laptop kalian.

Nah, untuk memperbaiki masalah ini, kami memberikan 7 alasan kenapa flashdisk yang kalian miliki tidak terbaca dan apa yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Cara Print Bolak Balik

Cek Port USB Pada PC/Laptop

Alasan yang pertama flashdisk tidak terbaca pada PC ataupun laptop kalian bisa jadi karena port USB yang sudah menurun kualitasnya. Sama seperti komponen komputer lainnya, port USB lama-kelamaan akan mengalami degradasi pada kualitasnya dan hingga pada akhirnya mengalami kerusakan.

Jika hal ini terjadi, maka sambungan apapun yang menggunakan port USB tersebut tidak akan bisa terbaca oleh PC maupun laptop kalian. Alasan lain yang mungkin terjadi adalah port USB kalian tertutupi oleh debu yang menghalangi sambungan USB.

Debu merupakan salah satu musuh besar, baik bagi PC maupun laptop, karena dapat menghambat performa dari hardware komputer kita. Hal yang sama juga dialami oleh port USB kita. Jika terdapat cukup banyak debu di dalamnya, bisa jadi debu inilah yang menghambat sambungan antara flashdisk dengan PC kita.

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui masalah manakah yang mengakibatkan flashdisk kalian tidak muncul pada PC ataupun laptop kalian.

1. Coba Bersihkan Port USB Dari Kemungkinan Debu Yang Mengendap

isi flashdisk tidak terbaca

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah untuk membersihkan port USB dari debu yang kemungkinan mengendap di dalamnya. Kalian dapat melakukan ini dengan beberapa cara.

Jika kalian penganut ajaran old school, maka kalian bisa mencoba dengan meniup port USB kalian untuk menghilangkannya dari debu-debu yang mengendap.

Namun, jika kalian sudah sedikit canggih, kalian bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun kaleng yang berisikan angin untuk kemudian kalian arahkan ke port USB yang bermasalah ini.

Jika setelah melakukan langkah ini flashdisk kalian terbaca lagi, maka selamat, kalian sudah menggunakan flashdisk kalian lagi.

Baca Juga : Cara Membuat QR Code

2. Coba Menggunakan Flashdisk/Alat Lain Pada Port USB Yang Sama

CMD flashdisk tidak muncul

Jika cara yang diatas tidak berfungsi dan flashdisk kalian masih tidak muncul pada komputer ataupun laptop kalian, maka ada kemungkinan port USB kalianlah yang bermasalah.

Untuk mengecek apakah ini penyebab flashdisk tidak terbaca pada komputer kalian, kalian bisa mencoba menggunakan port USB ini dengan alat lain, seperti USB lain, mouse, komputer, dan perangkat yang menggunakan USB lainnya.

Jika alat-alat ini tidak ada yang bisa tersambung dengan komputer kalian, maka bisa dipastikan bahwa port USB kalianlah yang bermasalah dan perlu untuk diganti.

Namun, jika alat-alat lain yang kalian coba ternyata bisa tersambung dengan komputer kalian, berarti masalahnya terdapat pada flashdisk kalian. Untuk mengatasi ini, kalian bisa membaca alasan selanjutnya untuk membenarkan flashdisk kalian.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengatur Ukuran Kertas A3

Cek Kondisi Flash Disk

Alasan selanjutnya yang membuat flashdisk tidak terbaca pada komputer kalian adalah karena flashdisk itu sendiri. Ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan flashdisk tidak muncul pada komputer kita.

Contoh alasan flashdisk tidak muncul pada komputer kita bisa jadi karena membutuhkan instalasi ataupun memang sudah rusak.

1. Pastikan Driver Flashdisk Sudah Terpasang

CMD flashdisk rusak di windows 7

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memastikan bahwa driver atau software yang dibutuhkan oleh flashdisk tersebut sudah terpasang pada PC ataupun laptop kalian.

Driver ini seharusnya sudah terpasang pada saat pertama kali kalian menggunakan USB ini pada komputer kalian. Namun jika tidak terpasang dengan baik ataupun dibatalkan pemasangannya, bisa menjadi sebuah alasan kenapa flashdisk kita tidak terbaca pada komputer kita.

Untuk melakukan ini, kalian bisa mencoba untuk melakukan format ulang terhadap flashdisk kalian.

Ini dilakukan untuk menghilangkan data log dalam flashdisk, sehingga flashdisk menganggap bahwa ia baru pertama kali digunakan pada komputer kalian dan melanjutkan dengan memasang driver yang dibutuhkan flashdisk tersebut.

2. Pastikan Flashdisk Terbebas Dari Kerusakan

memperbaiki flashdisk tidak muncul

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah untuk memastikan flashdisk tidak mengalami kerusakan didalamnya.

Kerusakan yang dimaksud disini beragam bentuknya. Bisa karena pernah jatuh, pernah masuk air, pernah tertindas, atau pernah terkena korslet.

Jika kalian sudah memastikan tidak ada kerusakan fisik yang terlihat pada flashdisk tersebut, maka bisa jadi kerusakan yang dialami oleh flashdisk kalian berada pada bagian internal flashdisk tersebut.

Untuk mengatasi ini, terutama jika flashdisk pernah terendam air, keringkan flashdisk kalian untuk beberapa saat. Hal ini dilakukan untuk menjamin tidak ada air ataupun kelembaban pada bagian dalam flashdisk.

Jika sudah, kalian bisa mencobanya kembali. Jika flashdisk bisa terbaca pada komputer kalian, maka kalian bisa menggunakan flashdisk itu lagi. Namun jika tidak muncul, kalian bisa mencoba langkah berikutnya.

3. Ganti Flashdisk Yang Kalian Gunakan

isi flashdisk tidak muncul

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti flashdisk yang kalian gunakan.

Sama halnya dengan benda elektronik lainnya, flashdisk juga memiliki umur yang ideal untuk digunakan. Jika melewati umur ini, maka kemungkinan kerusakan yang dialami oleh flashdisk ini akan bertambah tinggi.

Jika kedua cara diatas tidak dapat mengatasi masalah kalian, bisa jadi memang saatnya untuk mencari flashdisk baru untuk kalian gunakan.

Cek Dengan Scan dan Repair Drive

Alasan berikutnya mengapa flashdisk tidak terbaca pada komputer ataupun laptop kalian adalah flashdisk kalian mengalami corrupt pada salah satu datanya, sehingga membuatnya tidak terbaca oleh komputer ataupun laptop kalian.

Flashdisk yang mengalami corrupt pada datanya bisa disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya adalah pemasangan atau pelepasan flashdisk yang tidak sesuai dengan prosedur ataupun karena flashdisk tersebut terjangkit oleh sebuah virus komputer.

Untuk mengatasi ini, kalian bisa melakukan yang namanya Scan and Repair Drive yang merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Microsoft Windows.

Fitur ini akan berusaha untuk melakukan perbaikan pada flashdisk kalian dan membuatnya terbaca kembali pada komputer kalian. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan untuk menggunakan scan and repair drive pada flashdisk kalian.

  • Pastikan flashdisk kalian sudah terpasang pada komputer ataupun laptop kalian.

flashdisk tidak muncul di tv

  • Klik kanan pada logo Windows yang ada pada komputer kalian, lalu pilih Disk Management.

CMD flashdisk rusak di windows 7

  • Langkah ini akan memunculkan aplikasi Disk Management yang berisikan drive penyimpanan yang ada pada komputer ataupun laptop kalian.
  • Pada Disk Management kalian, pilih flashdisk kalian (dicontoh ini flashdisk merupakan drive E:).

memperbaiki isi flashdisk tidak terbaca

  • Klik kanan pada drive flashdisk kalian, kemudian pilih Properties.

mengatasi flashdisk isinya tidak terbaca

  • Setelah kalian memilih Properties, maka tab baru akan muncul bernama USB Drive (E:) Properties.
  • Pada tab Properties, pilih Tools kemudian pilih Check seperti gambar diatas.
  • Setelah memilih pilihan Check, kalian akan disajikan dengan tab baru dimana kalian akan dimintai konfirmasi untuk melakukan Scan and Repair Drive. Pilih Scan and Repair Drive dan tunggu beberapa saat sampai Windows selesai melakukan perbaikan.

repair flashdisk tidak muncul di hp

Jika sudah selesai, kalian bisa mencabut flashdisk kalian dan memasangnya kembali kedalam komputer kalian. Jika flashdisk sudah terbaca, maka selamat, kalian bisa menggunakan flashdisk ini lagi.

Format Flash Disk Dengan CMD

Jika cara yang super ampuh diatas tidak bisa membenarkan flashdisk kalian, ada kemungkinan kalian harus melakukan format terhadap flashdisk kalian.

Di sini, kami akan memberikan cara untuk memformat flashdisk kalian menggunakan cara yang sedikit ekstrim, yaitu dengan menggunakan CMD.

Bagi kalian yang tidak atau apa itu CMD, CMD adalah singkatan dari Command Prompt dimana kalian bisa memasukan perintah kepada komputer kalian dengan cara diketik, ala ala hacker gitu deh…

Nah, untuk melakukan format melalui CMD ini ada satu hal yang perlu kalian ketahui, yakni lokasi drive flashdisk kalian. Menggunakan contoh sebelumnya, maka disini, drive flashdisk kami adalah (E:).

Berikut adalah cara melakukan format flashdisk tidak terbaca menggunakan CMD:

  • Buka CMD melalui kotak pencarian yang ada pada menu Start Windows.

repair isi flashdisk tidak terbaca

  • Setelah tab Command Prompt muncul, kalian bisa mengetikkan perintah berikut dan tekan Enter: FORMAT E: /FS:FAT

flashdisk tidak terbaca di hp

Perlu kalian ingat sekali lagi E: pada perintah diatas adalah lokasi drive flashdisk pada contoh ini. Pastikan kalian menuliskan lokasi drive kalian dengan benar untuk melakukan format menggunakan CMD.

Setelah kalian selesai melakukan perintah di atas, Windows akan secara otomatis melakukan format terhadap flashdisk kalian dan kalian hanya tinggal menunggu notifikasi format telah selesai.

Format Flash Disk Dengan Disk Management

Setelah kita memberikan cara format yang sedikit ekstrim, sekarang kami akan memberikan cara yang lebih mudah untuk kalian melakukan format terhadap flashdisk kalian.

Cara yang satu ini menggunakan Disk Management yang sebelumnya kita gunakan untuk melakukan Scan and Repair Disk terhadap flashdisk kita.

Cara ini sebenarnya lebih menjadi rekomendasi kami untuk melakukan format pada flashdisk kalian karena memberikan informasi visual yang lebih mudah untuk dibaca para pemula dalam dunia perkomputeran.

Berikut adalah cara melakukan format terhadap flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan Disk Management yang bisa kalian lakukan:

  • Pastikan flashdisk kalian ada dan sudah terpasang ada komputer maupun laptop kalian.

mengatasi flashdisk tidak terbaca

  • Klik kanan pada logo Windows yang ada pada komputer kalian, lalu pilih Disk Management.

repair flashdisk tidak terbaca

  • Langkah ini akan memunculkan aplikasi Disk Management yang berisikan drive penyimpanan yang ada pada komputer ataupun laptop kalian.
  • Pada Disk Management kalian, pilih flashdisk kalian (dicontoh ini flashdisk merupakan drive E:)

repair flashdisk rusak tidak terbaca

  • Klik kanan pada lokasi flashdisk kalian dan pilih Format.

isi flashdisk tidak terbaca

  • Setelah kalian memilih Format, akan muncul tab baru sebagai konfirmasi bahwa kalian benar-benar ingin melakukan format. Pilih Yes.

flashdisk tidak muncul di hp

Jika sudah, kalian sekarang hanya tinggal menunggu flashdisk kalian selesai terformat. Akan terdapat progress bar yang bisa kalian lihat untuk memastikan sudah sejauh mana format flashdisk kalian berjalan.

Jika format sudah selesai dilakukan, kalian barulah bisa menggunakan flashdisk kalian kembali.

Cek Windows

Untuk alasan yang terakhir kenapa flashdisk tidak terbaca pada komputer ataupun laptop kalian adalah flashdisk ataupun Windows kalian yang tidak cocok dengan satu dan yang lain.

Hal ini biasa terjadi setelah kalian melakukan update Windows ke versi terbaru ataupun kalian baru memasang Windows yang baru.

Masalah ini bisa kalian selesaikan dengan dua cara, yakni update ke versi terbaru Windows atau melakukan roll back ke versi Windows sebelumnya.

1. Update ke Versi Terbaru Windows

Untuk langkah yang satu ini bisa kalian lakukan jika Windows kalian sudah memiliki versi terbaru yang bisa kalian download.

Untuk men-download versi terbaru Windows ini, kalian bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka pilihan All Settings pada layar Notification Windows kalian.

repair flashdisk tidak terbaca rusak

  • Pada halaman Settings, pilih Update & Security.

repair flashdisk tidak muncul rusak

  • Pada bagian Windows Update kalian akan melihat apakah Windows kalian memiliki update yang bisa kalian download. Jika tidak ada, kalian bisa pilih Check for updates untuk melihat apakah ada update yang baru saja keluar untuk Windows kalian.

memperbaiki isi flashdisk tidak terbaca

  • Setelah kalian menemukan update terbaru untuk Windows kalian, kalian tinggal melakukan download dan menunggu hingga update tersebut sudah terpasang pada PC ataupun laptop kalian.
  • Reboot/restart komputer kalian dan kalian kemudian coba pasang kembali flashdisk kalian. Jika flashdisk kalian sudah terbaca kembali, maka selamat, kalian bisa menggunakan flashdisk itu lagi.

2. Melakukan Roll Back ke Versi Windows Sebelumnya

Jika tidak ada versi Windows terbaru yang bisa kalian download, kalian bisa melakukan yang namanya rollback, dimana kalian kembali menggunakan Windows versi sebelum kalian melakukan update.

Berikut adalah cara yang bisa kalian gunakan untuk melakukan roll back ke versi Windows sebelumnya:

  • Buka pilihan All Settings pada layar Notification Windows kalian.

flashdisk tidak terbaca di windows 7

  • Pada halaman Settings, pilih Update & Security.

flashdisk tidak terbaca di hp

  • Dalam Update & Security, Pilih Recovery.

isi flashdisk tidak muncul

  • Pada menu Recovery kalian akan menemukan pilihan “go back to the previous version of Windows 10” seperti gambar diatas.

Perlu diingat, fitur ini hanya bekerja selama belum melewati batas 10 hari setelah kalian melakukan update. Jika sudah lewat, pilihan ini tidak bisa kalian gunakan dan akan muncul notifikasi seperti pada gambar diatas.

Akhir Kata

Flashdisk yang menjadi alat pelengkap untuk mengoperasikan PC ataupun komputer yang terkadang penting untuk dimiliki saat ini.

Namun, jika terjadi sebuah masalah seperti flashdisk tersebut mengalami kerusakan atau tidak muncul pada komputer kita, hal ini bisa menjadi menyebalkan untuk kita. Untuk itulah artikel kami ini mengenai alasan flashdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya ini.

Kalian bisa mencoba dari ketujuh cara diatas yang sudah kami berikan untuk membenahi flashdisk kalian dan menyelamatkan data yang ada pada flashdisk kalian.

Dengan begini, sekian artikel mengenai flashdisk tidak terbaca yang bisa kami berikan kepada kalian. Sampai jumpa dan selamat memperbaiki flashdisk kalian ya guys.

Leave a Comment