10 Cara Menguatkan Jaringan WiFi & Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan sinyal WiFi jika dibandingkan dengan paket data pada umumnya. Ini karena, jaringan internet dengan menggunakan WiFi jauh lebih cepat. Akan tetapi, terkadang muncul masalah sinyal WiFi yang lemah. Di saat itulah Kamu butuh penguat sinyal WiFi.

Ada beberapa alasan mengapa jaringan WiFi Kamu melemah dan memiliki koneksi yang lemot. Nah, masalah-masalh tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah menggunakan beberapa cara.

Jadi, buat Kamu yang saat ini sedang kebingungan dengan masalah jaringan WiFi yang lemot, berikut ada beberapa trik jitu yang bisa digunakan untuk memperkuat jaringan WiFi.

Trik Menguatkan Sinyal Wifi

  1. Menggunakan Router Terbaru

penguat sinyal wifi buatan sendiri

Apabila sinyal WiFi tersebut sudah mulai lemah dan koneksi jaringan menjadi lemot, maka bisa jadi ada yang bermasalah dengan routernya. Dimana, router yang digunakan sudah ketinggalan jaman dan butuh router baru untuk memperbaiki kualitas sinyal.

Teknologi yang tertulis pada router WIFi biasanya ditulis dengan menggunakan Tipa A, B G ataupun N. Jadi, saat Kamu akan membeli router terbaru, pastikan bahwa routernya sudah dilengkapi dengan versi terbaru. Yakni teknologi tipe N.

Tipe tersebut menjelaskan bahwa teknologi yang digunakan dalam komponen WiFi merupakan teknologi paling baru dan sangat berpengaruh terhadap kecepatan jaringan internet. Langkah satu ini merupakan langkah penguat sinyal WiFi terbaik yang bisa dilakukan.

  1. Taruh Router Pada Lokasi yang Tepat

peletakan tempat yang tepat

Ternyata, penempatan router itu sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan.  Pastikan bahwa router tersebut diletakkan pada tempat yang terbuka dan tidak ada penghalang.

Beberapa tempat yang cocok untuk menaruh router adalah di ruang tengah, dinding, meja ataupun langit-langit. Kamu pun juga bisa memilih tempat yang lebih terbuka lainnya supaya sinyal WiFi tidak lemot.

  1. Jauhkan Router dari Beberapa Perangkat Elektronik

Penyebab lainnya mengapa sinyal WiFi lemah ialah karena router diletakkan pada tempat yang dekat dengan perangkat elektronik. Sinyal dari WiFi akan mudah lemah jika ditaruh dekat dengan TV, microwave, radio, speaker, speaker wireless dan perangkat elektronik lainnya.

Oleh karena itu, tempatkanlah router di  tempat-tempat yang jauh dengan perangkat elektronik. Dengan begitu, Kamu bisa mendapatkan jaringan internet yang lebih lancar.

  1. Lakukan Kontrol pada Bandwidth

Satu hal yang harus Kamu ketahui, bahwa ada beberapa penyedia layanan internet yang sengaja memberikan FUP (Fair Usage Policy) dari batas pemakaian wajar internet. Nah, ketika Kamu sudah masuk ke dalam batas wajar tersebut, maka biasanya kecepatan jaringan akan melemah.

Karena alasan itulah, Kamu harus melakukan kontrol pada bandwidth agar koneksi internet tidak melemah. Dengan melakukan kontrol pada bandwidth akan membantu Kamu untuk mendapatkan jaringan internet dengan akses yang cepat.

  1. Update Firmware

apk penguat sinyal wifi

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun belum berhasil, maka Kamu harus meng-update firmware. Sama halnya dengan program yang ada di smartphone ataupun komputer, perangkat keras yang tidak mempunyai firmware maka tidak bisa berfungsi dengan normal.

Oleh karena itu, saat ada informasi untuk update firmware terbaru, maka Kamu bisa langsung melaksanakan perintah tersebut agar jaringan internet tidak melemah. Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah yang muncul serta bug pada firmware versi lama.

  1. Mengganti Password WiFi

Apabila Kamu sudah membeli penguat sinyal WiFi namun jaringan WiFi masih saja lemot, kemungkinkan banyak user yang sedang menggunakan jaringan tersebut. Banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan WiFi akan membuat router bekerja lebih keras dan membuat jaringan menjadi lambat.

Nah, salah satu cara paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan mengganti password WiFi yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar beberapa orang yang tidak memiliki kepentingan tidak dapat terhubung dengan jaringan WiFi tersebut.

Alhasil, jaringan internet pasti bisa berjalan lebih cepat karena lebih sedikit user yang menggunakan WiFi.

  1. Mengganti Channel WiFi

Selain mengganti password, Kamu juga bisa mengganti channel WiFi agar bisa mempercepat koneksi internet yang ada. Mengganti channel WiFi ini bertujuan untuk menghindari gangguan antar satu jaringan WiFi dengan lainnya yang ada pada satu lokasi.

Biasanya, modem dan router memakai frekuensi 2,4 GHz serta 14 channel. Nah, dengan mengganti channel WiFi tersebut dan mengalihkannya ke pengguna yang lebih sedikit, hal tersebut membantu Kamu untuk mendapatkan jaringan WiFi dengan kualitas yang lebih baik.

  1. Lakukan Reboot dan Restart secara Berkala

penguat sinyal wifi xiaomi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah WiFi lemot ialah dengan melakukan reboot dan restart secara berkala. Sama halnya seperti perangkat komputer, smartphone, laptop atau yang lainnya, router juga sering mengalami masalah apalagi jika sudah dipakai dalam waktu lama.

Jadi, untuk menghindari masalah tersebut, maka salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah melakukan reboot dan restart router. Lakukan hal tersebut secara berkala agar kualitas jaringan menjadi lebih baik.

  1. Gunakan WiFi Repeater

Sudah melakukan beberapa hal di atas namun WiFi masih saja lemot? Maka Kamu bisa membeli penguat sinyal WiFi yaitu WiFi repeater. Fungsi dari alat yang satu ini ialah untuk meneruskan jaringan awal menjadi jaringan yang baru.

Namun dengan catatan bahwa kualitas jaringan internet akan menjadi lebih baik. Agar kualitas sinyal WiFi memiliki jaringan yang kuat, belilah WiFi repeater yang dilengkapi dengan antena serta memiliki dB (decibel) yang tinggi.

  1. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Saat ini, menguatkan jaringan WiFi sudah bukan hal yang sulit lagi. Karena sudah tersedia berbagai macam apk khusus untuk menguatkan sinyal WiFi.

Bagi para pengguna smartphone Android, ada beberapa aplikasi yang bisa langsung didownload untuk memperkuat jaringan WiFi.

Nah, cara kerja dari beberapa aplikasi tersebut ialah dengan mencari jaringan WiFi yang paling baik dan memiliki koneksi yang kuat. Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan melakukan speed test kecepatan WiFi yang akan digunakan oleh penggunanya.

Buat Kamu yang sedang mencari aplikasi penguat sinyal WiFi berikut ada beberapa aplikasi terbaik yang direkomendasikan untuk Kamu gunakan.

Aplikasi Penguat Sinyal Wifi

  1. WiFi Overview 360

Aplikasi satu ini berguna untuk menguatkan sinyal WiFi yang ada di sekitar Kamu dengan cara  menggunakan saluran radar serta channel checker.

Hebatnya lagui aplikasi satu ini sangat membantu Kamu karena akan menjelaskan secara detail tentang kekuatan sinyal, jaringan nirkabel yang ada, enkripsi dan juga nomor saluran.

Aplikasi tersebut membantu Kamu untuk menemukan jaringan internet 4G yang hanya diakses oleh sedikit orang. Nah, buat Kamu yang sering mengalami jaringan internet lemot, tentu aplikasi satu ini sangat dibutuhkan bukan?

  1. WiFi Extender

penguat sinyal wifi yang bagus

Yang kedua ada WiFi Extender. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi penguat sinyal WiFi terbaik yang bisa Kamu gunakan.

Di dalam WiFi Extender sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur speed test yang membantu Kamu untuk mengecek kondisi sinyal secara berkala.

Menariknya lagi, Kamu tidak perlu khawatir WiFi akan dicuri karena aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan fitur WiFi monitor yang akan memantau siapa saja yang menggunakan jaringan internet tersebut.

Pastinya, WiFi Extender akan membantu Kamu untuk bisa mendapatkan jaringan yang lebih kuat dan tidak lola.

  1. WiFi Signal Booster Extender

WiFi Signal Booster Extender buatan sendiri

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi penguat sinyal WiFi jarak jauh yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan jaringan yang kuat. WiFi Signal Booster Extender akan membantu Kamu untuk melihat mana sinyal WiFi yang memiliki kekuatan lemah ataupun kuat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan TechDevelopers ini hanya memiliki ukuran 2,6 MB saja. Selain ringan, tentu aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk Kamu gunakan. Jadi, Kamu juga tidak akan memakan banyak penyimpanan saat mengunduh aplikasi satu ini.

  1. Network Signal Info

Network Signal Info

Berikutnya ada aplikasi Network Signal Info yang akan membantu Kamu untuk menentukan kekuatan jaringan WiFi yang tersedia. Tampilan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut pun cukup rinci.

Dimana ada 14 bar yang menunjukkan kekuatan sinyal dengan baik. Kamu bisa menggunakan fitur widget Network Signal untuk memantau jaringan dengan mudah dari WiFi dan juga provider.

Akan tetapi, aplikasi tersebut hanya bisa digunakan untuk melihat kekuatan dari sinyal WiFinya saja.

  1. WiFi Master Key

WiFi Master Key apk

Jika Kamu belum cukup puas dengan beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi di atas, mungkin Kamu bisa mencoba aplikasi satu ini. WiFi Master Key membantu Kamu untuk memperkuat sinyal WiFi dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, bahkan Kamu bisa dengan mudah mengetahui kekuatan serta jaringan internet yang sedang digunakan. Aplikasi yang dikembangkan oleh LinkSure dari Singapura ini ternyata juga bisa menghemat baterai ponsel.

Hebatnya lagi, WiFi Master Key bisa diakses dengan menggunakan 23 bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Nah, buat Kamu yang sedang mencari aplikasi terbaik, tunggu apalagi? Aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Kamu gunakan.

  1. Internet Booster and Optimizer

aplikasi penguat sinyal wifi

Ternyata, koneksi internet yang lemot bukan hanya disebabkan karena pemilihan providernya saja. Hal itu juga bisa disebabkan karena kurang optimalnya perangkat yang saat ini sedang digunakan.

Nah, untuk memperlancar kekuatan jaringan internet yang dimiliki, maka Kamu bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi yaitu Internet Booster and Optimizer. Menariknya lagi, aplikasi tersebut sudah bisa digunakan pada hp yang sudah di-root ataupun belum di-root.

Internet Booster and Optimizer menjadi aplikasi penguat sinyal terbaik karena bisa bekerja secara optimal pada jaringan 3G, 4G, LTE, WiFi dan lainnya.

  1. WiFi Doctor

Ada pula WiFi Doctor yang menjadi salah satu aplikasi yang bagus dan sayang untuk Kamu lewatkan. Cukup berbeda dengan beberapa aplikasi penguat sinyal lainnya, aplikasi satu ini akan memberitahu Kamu apakah jaringan yang sedang terhubung saat ini aman digunakan atau tidak.

Bahkan, WiFi Doctor juga bisa digunakan untuk memonitor beberapa perangkat yang sedang terhubung ke hotspot WiFi milik Kamu.

Sinyal WiFi yang lemot memang menjadi masalah. Apalagi, buat Kamu para pengguna indihome kadang masalah ini sering muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut Kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas agar masalah koneksi WiFi yang lemot bisa diatasi dengan baik.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi yang sangat berguna untuk mengetahui jaringan WiFi mana yang lebih kuat. Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan membantu Kamu untuk mengetahui siapa saja yang sedang menggunakan jaringan WiFi tersebut.

Leave a Comment