20 Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini komputer telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer digunakan untuk mengolah berbagai macam dokumen dan keperluan lainnya. Tentunya, fungsi dari komputer tersebut dapat berjalan dengan baik karena adanya perangkat keras komputer.

Hingga saat ini, komputer sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas, ataupun orang dewasa untuk menyelesaikan pekerjaanya dalam berbagai macam bidang.

Ada beberapa bagian komputer yang memiliki peranan penting agar bisa menyelesaikan tugas yang telah diperintahkan. Tentunya Kamu sudah paham bahwa sebuah komputer terdiri dari perangkat keras dan juga perangkat lunak.

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dibahas tentang apa saja perangkat keras komputer yang ada dalam sebuah sistem komputer. Untuk informasi yang lebih lanjut, berikut contoh dan fungsinya.

  1. Monitor

pengertian perangkat keras komputer

Yang pertama ada monitor. Tanpa adanya monitor, sebuah komputer tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Seperti yang diketahui, bahwa fungsi dari monitor ini ialah untuk menampilkan output ataupun hasil dari grafik, video ataupun lainnya yang mana berasal dari perintah CPU.

Tak heran, jika monitor juga disebut dengan perangkat keras utama dan harus ada dalam sebuah komputer. Tampilan yang ditampilkan oleh layar komputer tersebut terhubung dengan menggunakan kabel. Serta dipasang pada sebuah kartu video komputer yang ada di motherboard sistem komputer.

Untuk perangkat keras satu ini terdiri atas dua jenis. Yang pertama yaitu CRT. Dimana, jenis monitor tersebut sering ditemukan pada perangkat komputer untuk versi lama.

Sementara itu, jenis monitor LCD merupakan jenis monitor masa kini dengan ukuran yang lebih tipis dan juga ringan. Sedangkan, monitor yang ada pada laptop ataupun tablet sudah tergabung menjadi satu sehingga lebih simple dan efisien.

  1. CPU

Selain monitor, sebuah perangkat komputer juga harus memiliki CPU. Salah satu komponen dari sistem komputer ini memiliki peranan yang sangat penting. jika diibaratkan tubuh manusia, CPU merupakan otak yang menjalankan segala perintah.

CPU akan bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh orang yang sedang mengoperasikan komputer tersebut. Agar CPU bisa berjalan dengan baik, perangkat keras tersebut ternyata juga dibantu oleh perangkat lunak lain yakni aplikasi supaya bisa menjalankan perintah tertentu.

Perlu Kamu ketahui, bahwa CPU ini tersusun atas chip komputer yang didalamnya berisikan miliaran transistor kecil. Tentunya, agar komputer bisa berjalan dengan baik, semua perangkat keras harus tersambung dengan CPU.

Jika tidak, tentunya perangkat keras tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya karena tidak mendapatkan perintah dari pusat komputer.

  1. Motherboard

malakah tentang perangkat keras komputer

Motherboard sendiri merupakan sebuah papan sirkuit utama yang fungsinya sebagai tempat berbagai macam komponen elektronik.

Komponen-komponen tersebut saling terhubung satu sama lain. Dimana, para komponennya mempunyai chip bios, slot, port serta jalur konektor guna menghubungkan masing-masing perangkat tersebut.

Motherboard ini juga menjadi perangkat keras komputer utama yang harus ada dalam setiap sistem komputer.

  1. Mouse

Bagi para pengguna komputer pastinya sangat membutuhkan perangkat keras satu ini. Pengertian mouse sendiri adalah sebuah perangkat output yang berguna sebagai operator tangan dan membantu mengarahkan kursor supaya lebih mudah digunakan.

Ada dua jenis mouse yang bisa Kamu gunakan, yakni mouse dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel. Sama halnya dengan perangkat keras lainnya, mouse juga harus terhubung dengan CPU supaya bisa menjalankan fungsinya.

Mouse memiliki bagian bola laser yang berguna untuk menggulir kursor ke arah atas dan bawah. Mouse berfungsi untuk mengarahkan instruksi langsung ke komputer supaya pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.

  1. Keyboard

komponen dan system komputer

Keyboard juga menjadi komponen perangkat keras komputer yang sangat penting dan harus ada. Seperti yang telah diketahui, bahwa keyboard berisikan berbagai macam tombol huruf, angka dan juga simbol.

Ada pula beberapa tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah tertentu sesuai dengan fungsinya. Fungsi umum dari keyboard ini ialah untuk mengetik ataupun menuliskan teks serta berbagai macam bentuk data lainnya yang sedang dibuat.

Sama seperti mouse, keyboard juga bisa ditemukan dengan menggunakan kabel ataupun tanpa kabel. Meskipun begitu, keyboard juga harus terhubung ke CPU agar fungsi yang dimilikinya bisa berjalan dengan baik.

  1. RAM

gambar perangkat keras komputer ram

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM sendiri berfungsi untuk menyimpan informasi yang didapat, lalu informasi tersebut diolah agar bisa dibaca.

Jika dibandingkan dengan harddisk, RAM memiliki kemampuan memproses data yang jauh lebih cepat. Walaupun demikian, semua data yang telah diperoleh oleh RAM akan hilang atau terhapus secara otomatis jika sistem yang ada pada komputer mati.

Ada dua jenis RAM yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Pertama yaitu RAM Static Random Acces (SRAM), yang mana bisa digunakan pada memori cache CPU.

Yang kedua ialah Dynamic Random Access Memory (DRAM) yang saat ini banyak digunakan pada beberapa sistem komputer modern. Hadirnya RAM dalam sebuah sistem komputer memang sangat penting. Apalagi fungsi utama dari perangkat keras ini ialah untuk mengolah data supaya bisa dibaca.

  1. Harddisk

Jika data yang disimpan dalam RAM bisa hilang apabila sistem komputer mati, namun tidak demikian dengan fungsi yang dimiliki oleh sebuah harddisk. Fungsi yang dimiliki harddisk sebagai perangkat keras komputer ialah untuk menyimpan data secara permanen.

Biasanya, harddisk akan diinstal terlebih dahulu pada CPU sebelum digunakan. Tak hanya itu, perangkat keras yang satu ini juga bisa digunakan sebagai perangkat eksternal yang bisa dilepas dan dipasang kapan saja sesuai kebutuhan.

Karena fungsinya yang bisa menyimpan data secara permanen, maka data yang sudah disimpan di dalam hardisk akan tetap utuh dan tidak hilang. Untuk kapasitas yang dimiliki oleh perangkat ini mencapai triliunan byte data.

Tampilan yang ada di dalam harddisk ialah berupa kumpulan disk yang saling bertumpuk satu sama lain dengan permukaan elektromagnetik yang berguna untuk menyimpan data.

Hardisk sendiri memiliki beberapa jenis. Hal itu tergantung pada spesifikasi yang ada di dalamnya. Beda harddisk, tentunya beda juga dalam proses pemrosesan data.

  1. Printer

Dokumen yang tertera di layar monitor tidak bisa dilihat secara fisik. Maka, agar data tersebut bisa dilihat secara fisik, dibutuhkan sebuah perangkat keras yang bernama printer.

Dengan adanya printer, dokumen ataupun data bisa dicetak dan dilihat sehingga mempermudah pengguna untuk melihat datanya secara langsung.

Ada berbagai macam jenis printer. Jenis-jenis printer tersebut dibedakan berdasarkan kecepatan mencetak data, ukuran dan yang lainnya.

  1. Power Supply

Berikutnya ada power supply yang memiliki peranan sangat penting. Power supply ini berguna untuk memberikan tenaga sekaligus energi arus listrik pada komputer supaya bisa berjalan dengan baik.

Pastinya, jika tidak ada perangkat keras yang satu ini maka komputer Kamu tidak bisa menjalankan sebuah sistem sebagaimana mestinya.

  1. Processor

Data yang sudah diterima oleh program tentunya harus diubah agar bisa dibaca oleh pengguna komputer. Dalam hal ini, processor memiliki peran yang sangat penting untuk membaca, mengartikan serta melaksanakan perintah yang telah diberikan oleh sistem komputer.

  1. FDD (Floppy Disk Drive)

Harddisk berikutnya yang harus ada dalam sebuah komputer adalah FDD. FDD sendiri merupakan kependekan dari Floppy Disk Drive yang berguna untuk memutar piringan sekaligus membaca head baca tulis.

Proses yang terjadi di dalam FDD ini selanjutnya akan diteruskan ke dalam disket untuk diterjemahkan.

  1. VGA Card

pengertian tentang hardware komputer

VGA Card atau Video Graphics Accelerator ialah sebuah perangkat keras yang berguna untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. Dengan adanya VGA Card ini tentu sangat membantu Kamu untuk bisa melihat tampilan data yang ada di layar monitor.

  1. AGP Card

Perangkat keras komputer

Berikutnya ada AGP Card atau Accelerated Graphics Port. Harddisk yang satu ini merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar yang ada di layar monitor.

  1. LAN Card

LAN (Local Area Network) ialah sebuah jembatan penghubung yang digunakan untuk menghubungkan komputer server dengan komputer client. Komputer-komputer tersebut dihubungkan dalam sebuah jaringan yang disebut dengan jaringan LAN.

  1. Scanner

Fungsi yang dimiliki oleh perangkat keras komputer satu ini sama halnya seperti mesin fotocopy. Alat tersebut akan mengcopy data objek kemudian memindahkannya ke dalam sebuah memori komputer.

Hasil dari copyan ini bisa dilihat pada layar monitor dengan mudah. Kamu bisa bisa melakukan scan pada berbagai macam jenis data ataupun dokumen.

  1. CD ROM atau DVD ROM

CD ROM atau DVD ROM ialah sebuah perangkat keras komputer yang berguna untuk membaca data ataupun program dari media penyimpanan data seperti CD maupun DVD.

  1. Modem

gambar perangkat keras komputer

Buat Kamu yang sering menggunakan jaringan internet dalam saat memakai komputer, maka Kamu sangat membutuhkan alat yang satu ini. Ya, Kamu butuh modem untuk bisa menghubungkan jaringan internet ke komputer.

  1. Flashdisk

Tentunya, data yang sudah Kamu simpan dalam komputer tidak bisa dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, diciptakanlah flashdisk yang berguna untuk menyimpan berbagai macam data yang ada di komputer ataupun laptop.

Flashdisk ini ada berbagai macam tergantung ukuran penyimpanannya, ada flashdisk dengan ukuran 2GB, 4GB, 8GB, 16GB hingga 32GB. Semakin besar kapasitas penyimpanan, maka semakin banyak pula data yang bisa Kamu simpan di dalamnya.

Tentu, dengan menggunakan perangkat keras satu ini, Kamu membawa data yang ada di dalamnya dengan mudah dan efisien.

  1. UPS (Uninterruptible Power Supply)

komponen dari system UPS

UPS adalah salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk memberikan supply atau menghantarkan energi listrik pada saat tegangan listrik utama tidak berfungsi atau terhenti.

Dari pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa UPS ini ialah cadangan listrik yang harus ada saat tegangan listrik utamanya mati.

  1. Heatsink

heatsink bagian dari perangkat keras komputer

Setiap komputer pastinya butuh perangkat keras yang satu ini. Heatsink atau kipas pendingin ialah sebuah perangkat yang berguna untuk membantu proses pendinginan yang ada di prosesor supaya komputer bisa berjalan dengan stabil.

Di atas merupakan berbagai macam perangkat keras komputer yang harus ada dalam sebuah sistem komputer. Tentunya, tanpa beberapa perangkat tersebut, sebuah komputer tidak bisa berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan tentang beberapa perangkat keras komputer beserta fungsinya. Semoga informasi ini bisa menambah informasi Kamu tentang komputer.

Leave a Comment